Kualitas Pelayanan Petugas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di UPT. RSKD. Dadi Kota Makassar

Penulis

  • Ali Imran Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Nursinah Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Muslimin B Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Sri Yuniarsih Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Pejuang Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32382/medkes.v19i2.1067

Kata Kunci:

kepuasan, kualitas layanan, pasien rawat inap

Abstrak

Kepuasan pasien dianggap terpenuhi apabila pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan harapan mereka. Sebaliknya, jika rumah sakit memberikan pelayanan yang belum sesuai dengan harapan pasien, maka pastilah pasien merasa tidak puas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan petugas rumah sakit terhadap kepuasan pasien rawat inap di UPT. RSKD. Dadi Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan desain studi cross sectional. Desain studi cross sectional ini untuk melihat hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Dengan melalui uji statistic chi-square tingkat signifikan (ɑ) = 0,05.  Jumlah populasi pasien rawat inap sebanyak 470 orang, dan diambil  sampel sebanyak 82 orang pasien di UPT. RSKD. Dadi Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara realibility, assurance, tangible, empathy, daya tanggap, responsiveness terhadap kualitas pelayanan petugas rumah sakit pada kepuasan pasien rawat inap di UPT. RSKD. Dadi Kota Makassar,  dengan variabel jaminan yang lebih signifikan dengan nilai p-0,00. Kesimpulan penelitian bahwa kualitas pelayanan di UPT. RSKD. Dadi Kota Makassar terbukti memberikan pelayanan kepada pasien dengan cepat dan tanggap, sehingga pasien mendapat kepuasan atas pelayanan  yang diberikan.

Kata Kunci: kepuasan, kualitas layanan, pasien rawat inap

Referensi

A. N. Mahmud, “Kepuasan Pasien : Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap,” Voice Of Midwifery, Vol. 10, No. 2, Pp. 940–954, 2020, Doi: 10.35906/Vom.V10i2.107.

A. Imran and Nursinah, “Health and Safety Risk Analysis with JSA Method (Job Safety Analysis),” Int. J. Heal. Sci., vol. 1, no. 2, Jun. 2023.

A. N. Afrilianti, “Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Berdasarkan Metode Servqual Di Rsud Cilegon Tahun 2014,” 2016.

A. Nursinah, S. Prihatini, R. Rusli, L. A. Wijayanti, and M. K. F. Saputra, “Perilaku Perawat Dalam Pencegahan Infeksi Pemasangan Kateter Di IGD,” J. Ilm. Amanah Akad., vol. 6, no. 1, pp. 25–29, 2023.

A. D. C. Aqil, “Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit,” J. Ilm. Pamenang, vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2020, doi: 10.53599/jip.v2i2.58.

A. D. Fidela Firwan Firdaus, “Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Bpjs Di Rsud Panembahan Senopati Bantul,” 2021.

H. Immas, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Islam Kota Magelang.,” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 2, no. 3, pp. 110–116, 2020.

J. Kismanto, “Analisis Faktor-Faktor Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Karanganyar,” Vol. 14, No. 1, Pp. 106–116, 2023.

L. Maulina, T. A. Madjid, And I. Chotimah, “Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018,” Vol. 2, No. 2, 2019.

M. F. Ismana, “Hubungan Antara Lima Dimensi Mutu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien,” Vol. 6, Pp. 708–717, 2015.

M. Darwis, K. Nawangwulan, D. Ekawaty, and A. Imran, “Hospital Management Information System,” pp. 485–492, 2023

N. Muslimin, “Produktivitas Kerja Karyawan PT . Hidrokoloid AMJ Sebagai Suatu Kajian Kesehatan Masyarakat,” vol. 4, no. 2, pp. 83–94, 2023, doi: 10.53682/jpjsre.v4i2.7924.

R. Pratiwi, “Influence of Medical Officer’s Response to Patients Satisfaction in Inpatient Installation General Hospital Massenrempulu Enrekang District,” Int. J. Innov. Sci. Res. Technol., vol. 5, no. 8, pp. 339–342, 2020.

S. Heru Nurcahyo, Marchaban, “The Relation Of Outpatient Service Quality On The Era Of The National,” Pp. 2–6, 2015.

S. Pramita, “Faktor Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Di Unit Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih.,” J. Dunia Kesmas, vol. 8, no. 3, pp. 155–163, 2019.

T. Radito, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas,” J. Ilmu Manaj., vol. 11, no. 2, pp. 1–25, 2014, doi: 10.21831/jim.v11i2.11753.

Suwuh Et Al., “Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Dipuskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara, Kesmas.,” 2018

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

Imran, A., Nursinah, N., B, M., & Yuniarsih, S. (2024). Kualitas Pelayanan Petugas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di UPT. RSKD. Dadi Kota Makassar. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 19(2), 219–228. https://doi.org/10.32382/medkes.v19i2.1067