Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 19-06-2024. Baca versi terbaru.

KONSUMSI ROKOK PADA ANAK DI BAWAH UMUR DI TINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM

Consumption Of Cigarettes In Minors Is Observed From The Perspektif Of Islam

Penulis

  • Andi Sudirman Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Muhasidah Muhasidah Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Agusti Fauziah Poltekkes Kemenkes Makassar

Kata Kunci:

Perspektif Islam, Merokok,, Dibawah umur

Abstrak

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tinjauan Perspektif Islam terhadap anak di bawah umur dalam mengkonsumsi rokok di desa Bengo Kecamatan Bengo kabupaten Bone. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa konsumsi rokok pada anak dibawah umur di desa Bengo Kecamatan Bengo kabupaten Bone, dilakukan setiap hari, anak-anak meperoleh uang dengan cara bermacam-macam salah satunya dengan cara membohongi orang tuanya dengan alasan membeli peralatan sekolah, jenis rokok yang di konsumsi juga beragam dari rokok yang biasa-biasa saja sampai rokok yang harganya mahal, alasan mereka mengkonsumsi rokok rata-rata diajak teman-temanya, dari lima belas orang pengkonsumsi rokok mereka mengatakan bahwa rokok tersebut tidak ada manfaatnya dan mereka juga mengetahui bahaya dari rokok. Tinjauan Perspektif Islam terhadap konsumsi rokok pada anak dibawah umur di desa Bengo kabupaten Bone tidak sesuai dengan perspektif Islam

Referensi

Afif Abrar. Analisis Pola Perilaku Konsumsi Dan Perilaku Berzakat Rumah Tangga Muslim Pada Bulan Ramadhan. (Studi Kasus Di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang). Penelitian. 2017.

Arikunto Suharsimi. Prosedur Peneliian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rinekacipta. 2006.

Bungin Burhan. Analisis Data Dan Penelitian Kualitatif. Pemahaman Filosofis Dan Metodologis Ke Arah Penguasaaan Model Aplikasi Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2012.

Chaudhry Muhammad Sharif. Sistem Ekonomi Islam Prinsip Dasar.Jakarta: Prenadamedia Group. 2012.

Dinas Kesehatan Propinsi Banten. Pengertian Rokok Dan Akibatnya. (DinkesBanten.2017)Https://Dinkes.Bantenprov.Go.Id/Read/Berita/488/Pengertian-Merokok-Dan-Akibatnya.Html. Diakses Tgl 6 Oktober2019. Pukul 21:21.

Depertemen Agama R.I. Mushaf Al-Quran Dan Terjemah. Jakarta: Al- Huda Kelompok Gemalmsani. 2013.

Fauzi. Ika Yunia Dan Abdul Kadir Riyadi. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam Perseptif Muqashid Al-Syaria. Jakarta: Kencana. 2014.

Fatoni, Siti Nur. Pengantar Ilmu Ekonomi. (Bandung: Cv. Pusaka Setia 2014.

Ghofur, Adbdul. Pengantar Ekonomi Islam. Depok: Rajawali Pers. 2017.

Hakim, Lukman. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Jakarta: Pt. Gelora Aksara Pratama. 2012.

Hasan. Aedy. Teori Dan Aplikasi Ekonomi Pembangunan Persefektif Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2011.

Husnaini. Consumption Behavior Of Muslim Students On Halal Food In Yogyakarta Indonesia. Internasional Journal Of Islamic Economics. Vol 3, No 2 Tahun 2015.

Idri. Hadis Ekonomi Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Prenadamedia Group 2015.

Mangkunegara Anwar Prabu. Perilaku Konsumen, (Bandung : Pt Rafika Aditama. 2009

Mulyadi Nitisusastro. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahan. (Bandung : Alfabeta. 2013.

Nurohman Dede. Memahami Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Yogyakarta: Teras. 2011.

Peraturan Pemerintah. No 81/1999 Pasal 1 Ayat 1.

Pengertian Konsumsi: Ciri-Ciri. Tujuan, Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Https://Www.Maxmanroe.Com/Vid/Bisnis/Pengertian- Konsumsi.Html Pada Hari Kamis. Tanggal 23 Februari 2020. Pukul 19:17 Wib.

Putriani Yolanda Hani Dan Atina Shofawati. Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga Ditinjau Dari Tingkat Religiusitas. Jurnal Jestt. Vol. 2 No. 7 Juli 2015.

Rif’an Ahmad Rifa’i. Rokok Haram. Jakarta: Republika. 2010

Sa’ad, Marthon Said. Ekonomi Islam Di Tengah Krisis Ekonomi Global. Jakarta: Pt Bestari Buana Murni. 2007.

Sangadhji, Sopia. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. 2010. Sarwono. Analisis Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Inovasi Pertanian. Vol 8 No 1.Tahun 2009.

Setiadi Iwan. Perilaku Konsumsi Dalam Pembelian Tas Mahasiswi Fakulatas Ekonomi Dan Bisnis Islam (Febi) Iain Bengkulu (Studi Pada Mahasiswi Ekonomi Dan Bisnis Islam Semester V Tahun Ajaran 2016/2017). Iain Bengkulu, 2017.

Sholekah Aminatus. Pengaruh Pemahaman Pola Konsumsi Islami Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswi Iain Metro (Studi Kasus Pada Jurusan Ekonomi Syariah). Penelitian. 2017.

Sugiono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alafabeta. 2013.

Sutopo, Aries Hadi. Terampil Mengelola Data Kualitatif Dengan Nuiv: Jakarta Kencana. 2010.

Tanjung, Hendri., Abrista Devi. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Grama Publisin. 2010.

Wahyuni, Florentina R, Kontroversi 101 Mitos Kesehatan. Jakarta: Penebar Plus. 2012.

Vinna Sri Yunarti. Perilaku Konsumen Teori Dan Praktek. Bandung: Pustaka Setia. 2015.

Unduhan

Diterbitkan

19-06-2024

Versi

Cara Mengutip

Sudirman, A., Muhasidah, M., & Agusti Fauziah. (2024). KONSUMSI ROKOK PADA ANAK DI BAWAH UMUR DI TINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM: Consumption Of Cigarettes In Minors Is Observed From The Perspektif Of Islam. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 15(1). Diambil dari https://ojs3.poltekkes-mks.ac.id/index.php/medperawat/article/view/338