IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TEKNIK HEIMLICH MANEUVER DI TK HIKMAH MINASA UPA MAKASSAR
Implementation Of Health Education On Heimlich Maneuver Technics At TK Hikmah Minasa Upa Makassar
DOI:
https://doi.org/10.32382/jmk.v16i1.1431Kata Kunci:
tingkat pendidikan, Teknik Hemlich ManuverAbstrak
Latar Belakang: Tersedak merupakan salah satu penyebab morbiditas dan mortalitas pada anak yang sering terjadi namun dapat dicegah. Anak-anak berada pada tahap perkembangan yang membuat mereka rentan terhadap tersedak. Penanganan cepat melalui teknik Heimlich Maneuver, yang melibatkan penekanan dada dan perut, sangat penting untuk mencegah kematian. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi pendidikan kesehatan tentang teknik Heimlich Maneuver di TK Hikmah Minasa Upa Makassar. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling. Sebanyak lima orang responden dilibatkan sebagai partisipan. Hasil: Sebelum diberikan penyuluhan, sebagian besar responden telah mengetahui tentang tersedak, namun belum memahami teknik Heimlich Maneuver secara benar. Setelah dilakukan penyuluhan, terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan teknik tersebut, termasuk kemampuan mempraktikkan tindakan dengan benar. Kesimpulan: Implementasi pendidikan kesehatan mengenai teknik Heimlich Maneuver efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memberikan pertolongan pertama pada anak yang mengalami tersedak.
Referensi
Amila, S., Sembiring, E., & Sipayung, N. P. (2023). Edukasi kesehatan dan pertolongan pertama choking (tersedak) pada siswa SMA Swasta Medan. Komunita: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 153–159. https://doi.org/10.60004/komunita.v2i2.67
Cone, D., Brice, J. H., Delbridge, T. R., & Myers, J. B. (2021). Emergency medical services: Clinical practice and systems oversight. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=GWI9EAAAQBAJ
Hurun Ain, S. K. N. M. K., A. I., & Cendekia, M. S. (2019). Penanganan sumbatan benda asing pada anak berbasis critical care caring (P. B. Press, Ed.). Media Sahabat Cendekia. https://books.google.co.id/books?id=7LSlDwAAQBAJ
Mardalena, I. (2021). Asuhan keperawatan gawat darurat. Pustaka Baru Press.
Ning Arti Wulandari, M (2022). Buku ajar pertolongan pertama pada anak sakit. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=IiqeEAAAQBAJ
Pangaribuan, R., Tarigan, J., Naibaho, G., & Siahaan, A. (2023). Penyuluhan dan simulasi pertolongan pertama pada anak dengan tersedak di Dusun II Desa Sei Mencirim Kab. Deliserdang. Jurnal Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 280–286.
Purnamasari, V., Justitia, S. N., Karya, S., & Kediri, H. (2023). Sikap ibu dalam memberikan pertolongan pertama pada batita yang tersedak di Desa Sukomoro Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, 2(7), 96–107. http://journal-mandiracendikia.com/index.php/JIK-MC/article/view/347
Saelan, S., Suparmanto, G., Kurniawan, S. T., & Lestari, M. (2023). Pengaruh edukasi teknik Hemlich manuver terhadap tingkat pengetahuan ibu dalam penanganan tersedak pada anak di Desa Ketro Pacitan. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 14(1), 51–57. https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.953
Suleman, I. (2023). Pengaruh metode demonstrasi choking management terhadap pengetahuan guru di TK. Jurnal Gawat Darurat, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.32583/jgd.v5i1.1120
Vino Rika Nofia, S. K. N. M. K., & Angraini, S. S. (2023). Buku pedoman bahan ajar dan keterampilan klinis basic life support dan kegawatdaruratan. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=wlLeEAAAQBAJ
Widiyastuti, N. E., Pragastiwi, E. A., Ratnasari, D., Irnawati, Y., Maulanti, T., Christiana, I., Hartati, D., Rofika, A., Deviani, D. A., Angraini, W., & others. (2022). Promosi dan pendidikan kesehatan. Sada Kurnia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=aQ6hEAAAQBAJ
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
PDF downloaded: 9