GAMBARAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN KASUS MOLA HIDATIDOSA DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA

Description of the characteristics of pregnant women with hydatidiform mole cases at Syekh Yusuf Hospital, Gowa Regency

Penulis

  • Hariani Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Suhartatik Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Naharia La Ubo Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Agusti Fauziah Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Abd Hady J Poltekkes Kemenkes Makassar

Kata Kunci:

ibu hamil,, mola hidatidosa, usia ibu, tingkat pendidikan, paritas

Abstrak

Pendahuluan : Mola hidatidosa adalah pertumbuhan massa jaringan dalam uterus yang tidak akan bertumbuh menjadi janin ataupun bayi dan ini salah satu hasil konsepsi yang tidak normal. Mola hidatidosa adalah kelainan trofoblas gestasional yaitu termasuk bentuk kanker dari penyakit trofoblas gestasional yang biasanya disebut dengan koriokarsinoma. Kehamilan mola hidatidosa biasanya terjadi dengan gejala perdarahan pervagina pada trimester pertama. Mola hidatidosa dapat dipastikan pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu melalui serangkaian pemeriksaan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Berdasarkan derajat proliferasi dan perubahan jaringan, mola hidatidosa dapat dibedakan menjadi mola hidatidosa komplit dan mola hidatidosa parsial. Penderita mola hidatidosa biasanya mengalami keluhan keluarnya darah berwarna hitam kemerahan atau mengalami pembesaran perut atau rahim melebihi usia kehamilan. Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekktiptif sedeerhana. Hasil : Hasil penelitian yang dilihat dari data sekunder kejadian kasus mola hidatidosa di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa pertahun 2020 – 2022 terdapat 32 orang yang mengalami kasus mola hidatidosa. Karakteristik ibu hamil dengan kasus mola hidatidosa berdasarkan usia ibu yang memiliki frekuensi tertinggi yaitu ibu dengan usia < 20 tahun dan >35 tahun terdapat 17 orang dengan persentase 53,1%. Karakteristik ibu hamil dengan kasus mola hidatidosa berdasarkan tingkat pendidikan yang memiliki frekuensi tertinggi yaitu ibu dengan tingkat pendidikan SMA terdapat 17 orang dengan persentase 53,1%. Karakteristik ibu hamil dengan kasus mola hidatidosa berdasarkan paritas yang memiliki frekuensi tertinggi yaitu ibu primipara (1 anak) dan tidak memiliki anak terdapat 19 orang dengan persentase 59,4%. Kesimpulan : Ibu dengan kasus mola hidatidosa memiliki hubungan erat dengan ibu yang berusia di bawah 20 tahun dan ibu dengan usia lebih dari 35 tahun.

Kata kunci : ibu hamil, mola hidatidosa, usia ibu, tingkat pendidikan, dan paritas.

Referensi

Amelia, S. W. (2019). Asuhan Kebidanan Kasus Kompleks Maternal & Neonatal. Yogyakarta:Pustaka Baru Press. Dedeh Husnaniyah, D. Y. (2020). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu dengan Kejadian Stunting . The Indonesian Journal of Health Science , 62. Dewi, R. (2018). Gambaran kejadian mola hidatidosa di Rumah Sakit Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, 31. Faradiba, I. (2018). Hubungan Umur dan Paritas Terhadap Kejadian Mola hidatidosa di RSUD Syekh . Jurnal Kesehatan Delima Pelamonia, 14. Gagah Baskara Adi Nugraha, P. S. (2019). Case study: Thyrotoxicosis on women with complete hydatidiform. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 293-294. Rahadianto, M. Z. (2021). Hyrotoxicosis In Patients With Hydatid Mole. Oceana Biomedicinal Journal, 77. Ratna Dewi Puspitasari, I. K. (2019). Hubungan Riwayat Abortus dengan Kejadian Mola Hidatidosa pada Wanita usia Reproduktif di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. JK UNILA, 6-7. Riski Wulandari, I. N. (2020). Pengambilan Keputusan Terhadap Tindakan Aborsi pada Kehamilan Remaja: A Systematic Review. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 51. Rochany Septiyaningsih, D. D. (2018). Faktor-faktor ibu yang mempengaruhi kejadian mola hidatidosa. Jurnal Keseshatan Al-Irsyad, 21-22. Rosdianah, N. R. (2019). Buku Ajar Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang. Sola, E. (2021). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan vs Kinerja. Jurnal Manajemen Pendidikan Islma, 21. Sugiono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Hariani, Suhartatik, La Ubo, N., Fauziah, A., & J, A. H. (2024). GAMBARAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN KASUS MOLA HIDATIDOSA DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA: Description of the characteristics of pregnant women with hydatidiform mole cases at Syekh Yusuf Hospital, Gowa Regency . Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 15(1), 1–4. Diambil dari https://ojs3.poltekkes-mks.ac.id/index.php/medperawat/article/view/190