Hubungan Marketing Mix Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Tk II 14.05.01 Pelamonia Makassar

Penulis

  • Ali Imran Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Hastuti Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Rusnita Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Sriyani Windarti Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Reski Dewi Pratiwi Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Muslimin B Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Theresa Tondok Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia

DOI:

https://doi.org/10.32382/medkes.v20i1.1521

Kata Kunci:

Marketing mix, Loyalitas, Rumah Sakit, Rawat jalan

Abstrak

Marketing mix adalah usaha utama rumah sakit yang sangat kuat dengan keterkait dengan perilaku pasien dalam memanfaatkan pelayanan. Ketidak cocokan produk dengan persepsi pasien adalah merupajan  masalah umum yang terjadi dalam marketing mix. Price (harga) pasien kadang-kadang tidak tahu berapa biaya, sehingga memberatkan pasien. Promotion (promosi) tidak sampai ke segmen yang tepat.  Place (tempat) di mana ada banyak tempat antrian di poli. People (orang) bergantung pada orang atau dokter tertentu untuk mendapatkan perawatan. Process (proses) menjalankan alur layanan yang tidak efisien, dan physical facility (fasislitas fisik) masih kurang dan tidak maksimal yang tersedia. Sama halnya dengan rumah sakit pelamonia, marketing mix sekarang diatur  10 P atau mega marketing mix.  merupakan Teori  dr. Samsi Jacobalis  menyebabkan keputusan marketing mix  dari 4 P menjadi 10 Pyaitu terdapat People, Public, Power, Pressure dan Performance. Tujuan Penelitian ini adalah untuk  mengetahui hubungan antara marketing mix dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit TK II 14.05.01 Pelamonia Makassar. Metode, penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang dipakai pada penelitian ini adalah 8.134 pasien, dengan 269 sampel. Metode sampling adalah dengan Purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2025 dan dianalisis dengan  secara univariat dan bivariat.  Hasil dan Kesimpulan, ada hubungan signifikan antara dimensi product(p=0,0027), promotion(p=0,002), physical evidence(p=0,027), process(p=0,000), performance(p=0,007), public relation(p=0,026) dan power(p=0,000) dengan loyalitas pasian rawat jalan Rumah Sakit TK II 14.05.01 Pelamonia Makassar. Dan tidak ada hubungan antara dimensi price (p=0,180), place=0,664), dan people(p=0,713) dengan loyalitas pasien rawat jalan Rumah Sakit TK II 14.05.01 Pelamonia Makassar. Disarankan bagi rumah sakit untuk lebih memaksimalkan kegiatan marketing mix rumah sakit, untuk memberikan pelayanan yang baik pada pasien serta  membuat pasien merasa nyaman dalam mendapatkan pelayanan dan  pemeriksaan di rumah sakit.

Kata kunci : Loyalitas, Marketing mix,Rumah Sakit, Rawat jalan

Referensi

Paradilla, M., & Janna, N. M. (2023). Pengaruh Marketing Mix dan Patient Experience Melalui Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Umum di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Stella Maris Makassar Tahun 2022. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(4), 811-823.

Wijayanthi, I. A. T., & Sundari, P. (2020). Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Rsu. Bali Royal. Jurnal Capital: Kebijakan Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 77–92.

Putri, Widya Kaharani, et al. "Pengaruh Marketing mix Terhadap Kunjungan Rumah sakit: Literature Review." Jurnal Kesehatan Tambusai 4.4 (2023): 7038-7045.

Wahyuni,S., Nuryadin, et al (2020). Hubungan Marketing mix (Marketing mix) 10 P Dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah sakit Ibu Dan Anak Ananda Makassar. 4(1), 88-100.

Philip Kotler . Social marketing: Behavior change for social good. Sage Publications, 2019.

Sari, Arum Fatma, et al. "Hubungan Marketing mix (Marketing mix) 7P (Product, Price, Promotion, Place, Process, People, Dan Physicandal Evidence) Dengan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah sakit St. Carolus Summarecon Serpong Tahun 2021." Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM) 5.1 (2023): 32-40.

Permatasari, Cindy, et al. "Hubungan Persepsi Marketing mix Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah sakit Umum Kambang Jambi Tahun 2022." Malahayati Nursing Journal 4.2655-4712 (2022): 2925-2936.

Kalingga, G. R. P., & Suhermin, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(8).

Oktarianita, and Deni Kurniawan. "Hubungan Strategi Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu." Avicenna 15.3 (2020): 374312.

Arismen; sulistiadi, Wahyu; SJAAF, Amal Chalik. Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal ARSI (Administrasi Rumah Sakit Indonesia), 2019, 5.2: 5.

Wempie, A. Yosef, Nur Alam Fajar, and Haerawati Idris. "Analisis Determinan Bauran Pemasaran pada Poliklinik Rawat Jalan RSK dr. Rivai Abdullah Palembang." Jurnal Kesehatan 10.1 (2019): 113-120.

Leawaty, Sulistiadi W. Hubungan bauran pemasaran (marketing mix) dengan loyalitas pelanggan: systematic review. J Adm Rumah Sakit, 2018, 5: 16-24.

Amalia, et al. "Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Stella Maris Makassar." Public Health and Medicine Journal 1.2 (2023): 23-31.

Arianto, Nurmin. Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepuasan terhadap loyalitas pasien (studi kasus pada pasien rawat jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 2017, 13.1: 1-9.

Permono, et al. "Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pizza Hut." JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi 4.1 (2021): 129-135.)

Mutia, M., & Pujiyanto, P. (2022). Literature review: Application of the 7P Mix Marketing on Patient Satisfaction at Hospitals. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11677-11686.

Hendriyani, and Rommy Mochammad, Ramdhani Dewi, Pratiwie Nirmala, Chandra. "Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P " JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan) 17.2 (2021): 6-13.

Wijaya, Satriya, and Agus Aan Adriansyah. "Efektivitas Pelaksanaan Marketing mix 9P Terhadap Kepuasan Pelayanan Klinik Rawat Jalan Rumah sakit." Jurnal Manajemen Kesehatan 6.1 (2020): 28-42.

Mahyardiani, Ridha Rianti, and Diah Krisnatuti. "Menguji kepuasan dan loyalitas pasien RSIA Budi Kemuliaan menggunakan bauran pemasaran." Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) 6.1 (2020): 1-1.

Nurmawaddah, Nurmawaddah. "Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Di Unit Rawat Jalan RSIA Pertiwi Makassar." Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia 3.2 (2020): 53-60.

Octavianus Maranggi, Adang Bacthiar, (2024) “Analisa Mutu Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien,” Syntax Imp. J. Ilmu Sos. Dan Pendidik., Vol. 4, No. 6, Pp. 1–15.

Yasni, Yuli, Narmi Narmi, and Linda Ayu Rizka Putri. "Hubungan marketing mix terhadap kunjungan ulang pasien di poli rawat jalan rumah sakit umum bahteramas provinsi sulawesi tengggara." Jurnal Keperawatan 4.02 (2020): 22-35.

Sulistiadi, W. (2020). Marketing mix Vs Loyalitas Pasien: Studi Literatur. Jurnal ARSI (Administrasi Rumah sakit Indonesia), 6(2), 1.

Parendreng, P., & Tasnim, T. (2019). Kontribusi Marketing mix Terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 159-169.

Rengkuan, Stevi R. "Hubungan antara Persepsi pasien umum tentang bauran pemasaran jasa dengan loyalitas pasien di instalasi rawat jalan RS Advent Manado." Jikmu 5.1 (2015).

Hapsa. "The Relationship of Marketing Mix With Patient Loyalty At Inpatient Unit Of Undata General Hospital." Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat 10.1 (2019): 13-23.

Siswi, Ati Arifiah, and Wahyono Wahyono. "The role of customer satisfaction in increasing customer loyalty." Management Analysis Journal 9.1 (2020): 17-25.

Hendrayani, Eka, et al. Manajemen Pemasaran. Samudra Biru, 2021.

Wijaya, Satriya, and Agus Aan Adriansyah. "Efektivitas Pelaksanaan Marketing mix 9P Terhadap Kepuasan Pelayanan Klinik Rawat Jalan Rumah sakit." Jurnal Manajemen Kesehatan 6.1 (2020): 28-42.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Imran, A., Hastuti, H., Rusnita, R., Windarti, S., Pratiwi, R. D., B, M., & Tondok, T. (2025). Hubungan Marketing Mix Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Tk II 14.05.01 Pelamonia Makassar. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 20(1), 239–252. https://doi.org/10.32382/medkes.v20i1.1521
Abstrak viewed: 0
PDF downloaded: 0