Kepuasan Kerja Pegawai Di Puskesmas Bontomarannu Gowa

Penulis

  • Ali Imran Institut Ilmu Kesehatan Palamonia Makassar
  • Shermina Oruh Unversitas Pejuang Republik Indonesia
  • Muslimin S Unversitas Pejuang Republik Indonesia
  • Rusnita Unversitas Pejuang Republik Indonesia
  • Adriyani Adam Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32382/medkes.v19i1.657

Kata Kunci:

kompetensi; disiplin; kepuasan, kinerja

Abstrak

Kinerja akan diarahkan pada segala usaha yang dilakukan dengan menggunakan sumber daya manusia dan fasilitas kerja yang mendukung didalamnya,dengan demikian smua gagasan dan kebijaksanaan yang diambil untuk usaha meningkatkan produktivitas kerja perusahaan. Usaha untuk memampatkan sumber daya yang ada untuk menwujudkan sesuatu secara maksimal dengan memadukan sumber dan hasil dalam bentuk yang optimal, tenaga kerja manusia, disamping fasilitas dan sumber produksi lainnya adalah sumber daya yang harus dimanfaatkan secara penuh dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi, disiplin kerja dan kepuasan terhadap kinerja pegawai.

Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional study dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dari penelitian ini adalah 49 orang PNS, dan sampel dalam penelitian ini yaitu total populasi berjumlah 49 orang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa teradap hubungan antara kompetensi, disiplin kerja dan kepuasan pegawai terhadap kinerja pegawai di Puskesmas Bontosunggu Kabupaten Gowa. Puskesmas Bontomarannu dapat memprioritaskan pengembangan kompetensi kerja pegawainya melalui pelatihan, workshop, dan pendidikan lanjutan serta memberikan reward bagi pegawai yang berprestasi. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai.

Kata Kunci : kompetensi, disiplin, kepuasan, kinerja

Referensi

Agusta, Leornardo dan Eddy Madiono Sutanto. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Surabaya: CV. Haragon Surabaya.

Aliya, G. R., & Saragih, R. (2020). Pengaruh Work-Life Balance dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di PT Telkom Divisi Telkom Regional III Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 84–95

Amiruddin, S. E., & Si, M. (2019). Pengaruh Etos Kerja, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor. Penerbit Qiara Media.

Anggini, D. T. (2019). Implementasi Aplikasi Sehati Dalam Pnegakkan Disiplin Pegawai Di Lingkungan Kabupaten Bangka Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (Bkpsdmd). (Doctoral Dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Baskoro, A., & Wardana, L. W. (2018). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Pekerja Melalui Kepuasan Kerja Di Umkm Pengolahan Tahu (Tahu Rt, Industri Tahu Rds Dan Tahu Duta) Di Malang. Jurnal Penelitian ManajemenTerapan (PENATARAN), 2(2), 119–126.

Desi Kristanti, S. E., & Pangastuti, R. L. (2019). Kiat-Kiat Merangsang Kinerja Karyawan Bagian Produksi. Media Sahabat Cendekia.

Depkes RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta.

Kementerian kesehatan RI.

Desthiani. (2018). Peran Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja TerhadapKinerja Karyawan. Sekretari, 5(1), 1–16.

Dzulkifli, M. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, disiplin kerja, kompetensi dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai (ke 1). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Karomah, M. S. M. (2017). Pengaruh implementasi kebijakan absensi Finger Print terhadap disiplin kerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung Provinsi Jawa Barat (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung DjatiBandung).

Hidayat, A. (2018). Analisa Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Suku Dinas Kebersihan Kota Administrasi Jakarta Timur. Penelitian IlmuManajemen, 1(1), 141–150.

Kumala, H. R., & Agustina, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah KabupatenBogor. Widia Cipta, II(1), 26–31.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taryaman, E. (2016). manajemen SDM (ke 10). Jakarta: Salemba Empat

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Imran, A., Oruh, S., S, M., Rusnita, R., & Adam, A. (2024). Kepuasan Kerja Pegawai Di Puskesmas Bontomarannu Gowa. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 19(1), 106–113. https://doi.org/10.32382/medkes.v19i1.657