Penyuluhan Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Jajan Anak Sekolah Dasar

Penulis

  • Sunarto Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Mustamin Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Nur Wahidah Apriani Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32382/medkes.v19i1.589

Kata Kunci:

Pengetahuan gizi, Sikap gizi, Balok Uno

Abstrak

Konsumsi jajan  tidak sehat pada anak disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang jajan yang sehat. Konsumsi jajanan merupakan hal yang menjadi ciri khas pada anak-anak.  Jajanan yang dibeli oleh anak-anak seringkali tidak diperhatikan baik itu kebersihan maupun kandungan yang ada pada makanan tersebut. Studi ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan jajan anak sekolah sebelum dan sesudah penyuluhan, mengetahui tingkat kebiasaan jajan anak sekolah, dan menganalisis pengaruh penyuluhan gizi terhadap tingkat pengetahuan jajan anak sekolah dasar. Desain studi ini adalah studi pre eksperimen dengan rancangan one group pre test and post test design di SD IT Al-Fikri Makassar tahun 2023. Populasi siswa kelas 4,5, dan 6. Besar sampel sebanyak 59 orang. Pengetahuan dan kebiasaan jajan diketahui dengan pemberian kuesioner kepada siswa. Uji statistik dengan Uji T tes berpasangan. Penelitian diketahui sampel umumnya kelas 6B (37,3%), umur 11 tahun (28,8%), jenis kelamin perempuan sebanyak 24 siswa (40,7%) dan laki-laki sebanyak 35 siswa (59,3%). Tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan baik sebanyak (52,5%) dan (84,7%). Kebiasaan jajan sebelum dan sesudah penyuluhan baik  sebanyak (47,5%) dan (44,1%). Analisis statistik diketahui ada pengaruh penyuluhan dengan nilai p = 0,000. Tidak ada pengaruh penyuluhan dengan nilai p = 0,281.Ada pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan jajan anak sekolah dasar sebelum dan sesudah penyuluhan.Tidak ada pengaruh penyuluhan terhadap kebiasaan jajan anak sekolah dasar.Ada pengaruh penyuluhan gizi terhadap tingkat pengetahuan jajan anak sekolah dasar. Bagi siswa yang memiliki pengetahuan jajan dalam kategori baik agar tetap menjaga pandai dalam memilih jajan di sekolah. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk memantau kebiasaan jajan dan jajanan yang dijual dikantin sekolah serta pedagang makanan  yang ada di lingkungan sekolah sehingga siswa tidak mengonsumsi jajan sembarangan untuk mencegah gangguan kesehatan. Bagi siswa yang memiliki kebiasaan jajan dalam kategori baik agar tetap menjaga kebiaasaan tersebut.

Referensi

Nasriyah, N., Kulsum, U., & Tristanti, I. (2021). Perilaku Konsumsi Jajanan Sekolah Dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar Di Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12, 123.

Fitri, Y., Al Rahmad, A. H., Suryana, S., & Nurbaiti, N. (2020). Pengaruh penyuluhan gizi tentang jajanan tradisional terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku jajan anak sekolah. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(1), 13.

Harahap, M. C., Widarti, I. G. . A., & Mataram, I. K. A. (2020). Gambaran Kebiasaan Jajan Dan Status Gizi Anak Sekolah. Jurnal Ilmu Gizi, 1–7

Iklima, N. (2017). Gambaran Pemilihan Makanan Jajanan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan BSI, 5(1), 8–17.

Kemenkes RI. (2017). Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Khusna, N., Setiaji, H. B., & Sahli, Z. (2019). Effect of Counseling on Healthy Snacks on Knowledge and Attitudes of Primary School Children. Health, V, 40–49.

Kus Aisya Amira. (2020). Pengaruh Edukasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Terhadap Pengetahuan dan Self-Efficacy Pemilihan Jajan Pada Siswa Kelas 5 SD di Surabaya (Studi di SDN Kalisari I/242 dan SDN Sutorejo I/240 Surabaya).

Pristyanti, A. (2017). Kebiasaan Jajan Anak Di Sekolah Dengan Kejadian Demam Typhoid pada anakusia sekolah.

Rodrigo Garcia Motta, Angélica Link, Viviane Aparecida Bussolaro, G. de N. J., Palmeira, G., Riet-Correa, F., Moojen, V., Roehe, P. M., Weiblen, R., Batista, J. S., Bezerra, F. S. B., Lira, R. A., Carvalho, J. R. G., Neto, A. M. R., Petri, A. A., Teixeira, M. M. G., Molossi, F. A., de Cecco, B. S., Henker, L. C., Vargas, T. P., Lorenzett, M. P., Bianchi, M. V., … Alfieri, A. A. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri. In Pesquisa Veterinaria Brasileira (Vol. 26, Issue 2).

Sumarni, N., Rosidin, U., & Sumarna, U. (2020). Penguatan Kapasitas Siswa Sd Jati Iii Tarogong Dalam Upaya Meningkatkan Kewaspadaan Pada Jajanan Tidak Sehat. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 289.

Syarifuddin, S. (2022). Pengetahuan dan Sikap Anak Usia Sekolah Tentang Pemilihan Makanan Jajanan Sehat di SDI Tamamaung I. 6(3), 5369–5376

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Sunarto, S., Mustamin, M., & Apriani, N. W. (2024). Penyuluhan Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Jajan Anak Sekolah Dasar. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 19(1), 43–47. https://doi.org/10.32382/medkes.v19i1.589