PENGETAHUAN TENAGA KESEHATAN TENTANG S.T.A.B.L.E PROGRAM PADA BAYI PASCA RESUSITASI
DOI:
https://doi.org/10.32382/medkes.v18i1.434Abstrak
Asfiksia merupakan penyebab kematian bayi baru lahir oleh karena perlu perhatian dan penanganan yang efektif dan berkualitas sebagai upaya menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB). Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan S.T.A.B.L.E Program dalam menangani bayi asfiksia pasca resusitasi yang bertujuan memastikan kondisi bayi dalam keadaan baik selama proses rujukan guna mencegah meningkatnya angka kesakitan dan timbulnya jejas (sequele) akibat asfiksia bayi baru lahir. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah diketahuinya pengetahuan tenaga kesehatan melalui edukasi penggunaan aplikasi E-modul dan quizizz melalui google form tentang S.T.A.B.L.E program pada bayi pasca resusitasi. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre eksperimental dengan one group pretest – posttest. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Somba Opu dan Kampili pada tanggal April s/d Oktober 2022. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 44 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Data di analisis menggunakan Uji t Paired test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengetahuan tenaga kesehatan melalui edukasi penggunaan aplikasi E-modul dan quizizz melalui google form tentang S.T.A.B.L.E program pada bayi pasca resusitasi di Puskesmas Kampili dan Somba Opu Kab. Gowa dengan nilai p=0,000. Diharapkan motivasi tenaga kesehatan dalam menerapkan S.T.A.B.L.E program pada bayi pasca resusitasi selama proses rujukan guna mencegah meningkatnya angka kesakitan dan timbulnya jejas (sequele) akibat asfiksia bayi baru lahir.
Kata kunci: Edukasi, E-Modul, Pengetahuan, Quizizz
Referensi
Alasiry, Ema. 2011.Profil Bayi Rujukan Saat Masuk Rawat Ditinjau dari the STABLE Program Sari Pediatri, Vol. 13, No. 4, Desember 2011 (online) http://saripediatri.org
Anggraini, dkk. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas IIIDi SDNKebayoran Lama Utara 07 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. E-ISSN: 2745-6080 (online) Website: http://jurnal.umj. ac.id/index.php/semnaslit
Ayu, Kusumaning A. 2010. Hubungan hypertensi, proteinuria ibu dengan PE dengan asfiksia di RSU dr Harjono S.Ponorogo(online) (Http:// www.isjd.pdii.go.id)
Aziz dkk.2020 Resusitasi Neonatal: Pedoman AHA 2020 untuk CPR dan ECC Sirkulasi. 2020; 142 (suppl 2): S524 – S550. DOI: 10.1161 / CIR.0000000000000902 20 Oktober 2020 S525. (online) Diunduh dari http://ahajournals.org oleh pada 6 November 2020
Budhi Oktavia1, Rahadian Zainul2, Guspatni3, Ananda Putra. Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru-Guru Anggota MGMP Kimia Dan Biologi Kota Padang Panjang. (online) http://osf.io
Budiman, dkk. 2013. Kapita selekta kuesioner pengetahuan dan sikap dalam penelitian Kesehatan. Salemba Medika. Jakarta.
Dinkes. Provinsi Sulawesi Selatan. 2020.Profil Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (online) http://dinkes.sulselprov.go.id/page/info/15/profil-kesehatan
Ditjen Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI, 2020. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2019.(online)https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-keseha tan -indonesia/Profil-Kesehatan-indonesia-2019.pdf
Guss. 2011. Angka kematian bayi di dunia menurut world bank tahun 2003 (on line) (Http://www.gus school .wordpress.com) diakses tanggal 7 Mei 2014
Harima. 2016. Pelaksanaan Program Stabilisasi Bayi Asfiksia Oleh Bidan di Puskesmas Kota Parepare . Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia (JMKI) (online) http://ejournal.undip.ac.id DOI: https://doi.org/10.14710/ jmki. 4.3. 2016.196-205
Isnaini. Nurfitriah. 2013. Hubungan antara persalinan tindakan dengan kejadian asfiksia bayi baru lahir di ruang neonatus RSAB Muhammadiyah Tuban. Volume IV Nomor 3 Juli tahun 2013. (online)(Http:// ww w. suaraforikes .webs.com) diakses tanggal 12 Mei 2014
Ismi Laili, Ganefri, Usmeldi. Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha Bali. Volume 3 Nomor 3 2019.
Kementerian Kesehatan RI, 2011. Manajemen asfiksia BBL untuk bidan. Buku panduan untuk pelatih. Direktorat jenderal bina kesehatan KIA. Jakarta (online)( Http://www. gizi kia.com) diakses tanggal 12 Mei 2014.
Michael. 2011. Pertolongan pertama pada bayi asfiksia (online) (Http://www. academia.edu) diakses tanggal 12 Mei 2014.
Muslihatun. 2010. Asuhan neonatus bayi dan balita. Fitramaya. Jakarta
Notoatmodjo. S. 2007. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Rineka cipta. Jakarta
Sony Andik Pratama, Latifah Hanum, Yuhantoro Budi Handoyo. 2018. angka kejadian asfiksia neonatorum pada bayi dengan berat badan lahir rendah di rsud goeteng taroenadibrata purbalingga. Herb Medicine Journal. Vol 1 no 2 (online) http:// jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/HMJ/article/view/3098 DOI:10.30595/hmj. v1i2.3098
Rifai. Rudi F. 2013. Stabilisasi neonatus pasca resusitasi/ pra rujukan. Buletin perinasia tahun XIX No.1 edisi Juli 2013 (online) (Http:// www.perinasia.com) diakses tanggal 16 Mei 2014.
TIM Uny. 2016 Modul Vs E-Module. Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. (online) http://staffnew.uny.ac.id/upload/198401312014042002/pengabdian/Modul%20Vs%20E-Module.pdf.
Tjandrarini, dkk. 2007. Aspek kehamilan dan persalinan pada kematian neonatal akibat asfiksia lahir sebelum dan setelah intervensi manajemen asfiksia di kabupaten. Cirebon. Jurnal ekologi
Wahyuni,S. 2019. Penggunaan E-modul sebagai bahan ajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar Ipa 2 di STKIP Adzkia Padang (online) http://ejournal. unp.ac.id
Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran; Disesuaikan dengan Kurikulum 2013 (II). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
World Health Organization. South east Asia. 2020. Child health in the South-East Asia Region (online) https://www.who.int/ southeastasia/ health-topics/child-health