PENGARUH TERAPI ACUPRESSURE PC6 DALAM MENGATASI KEJADIAN MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI PUSKESMAS JONGAYA KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Andi Syintha Ida Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar
  • Agustina Ningsi Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32382/medkes.v18i1.430

Abstrak

Perubahan fisiologi pada system pencernaan pada ibu hamil, terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman pada ulu hati. Hormon HCG, estergen dan progesterone yang meningkat, berefek menurunnya kontraksi otor pencernaan. Komplikasi dan penyulit seringkali terjadi pada masa kehamilan. Salah satunya adalah masalah mual dan muntah. Kondisi ini 50 % terjadi pada ibu hamil, paling banyak terjadi pada primigravida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terapi Acupressure PC6 dalam Mengatasi          Kejadian Mual dan Muntah pada Ibu Hamil trimester I di Puskesmas Jongaya Kota Makassar. Terapi Acupressure PC6 ini merupakan terapi non-farmakologi dengan melakukan penekanan menggunakan jari pada titik pericardium 6 yaitu di 3 jari diatas pergelangan tangan bagian dalam yang diukur menggunakan tangan pasien itu sendiri. Teknik ini dilakukan selama 30 kali pemijatan searah jarum jam hingga terasa ngilu. Hal ini dapat dilakukan oleh ibu hamil dalam keadaan rileks dan dimana saja serta tidak  membutuhkan waktu khusus untuk melakukan pemijatan.  Adapun jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian Kuantitatif dengan desain Pre Experimental. Rancangan penelitian menggunakan Pre-test and Post-test Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Non Probability sampling dengan cara Purposive Random Sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s.d. September 2021. Populasi penelitian adalah seluruh ibu hamil TM I yang datang melakukan kunjungan ANC di Puskesmas Jongaya Kota Makassar dengan keluhan mual dan muntah pada periode penelitian dilaksanakan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi ibu hamil di trimester I yang datang melakukan kunjungan dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 30 orang.nalisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji statistic dengan menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh hasil yaitu nilai p value : 0,000 < α : 0,05, sehingga dapat diambil keputusan bahwa terdapat pengaruh terapi acupressure PC6 dalam mengatasi kejadian mual muntah pada ibu hamil trimester 1 di puskesmas jongaya kota Makassar.

Kata Kunci: Ibu Hamil Trimester I, Tekhnik Acupressure PC6

Referensi

Handayani, N., & Afiyah, R. (2019). PENGARUH AKUPRESUR TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA IBU HAMIL DI PRAKTEK MANDIRI BIDAN SIDOARJO. Embrio, Jurnal Kebidanan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Buku Saku 1 PETUNJUK PRAKTIS TOGA & AKUPRESUR. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Lestari, A. D., Sadila, A. S., Nara, A. D., & Putri, A. A. (2022). AKUPRESUR MENGURANGI MUAL MUNTAH DALAM KEHAMILAN:Literature Review. JMSWH Journal of Midwifery Science and Women”s HealthVolume 3, Nomor 1 Tahun 2022.

Mady, M. M., Aly, S. G., Aly, I. K., & Ayat M.A. (2019). Effect of Acupressure on Nausea and Vomiting during Pregnancy. Med. J. Cairo Univ., Vol. 87, No. 3, June: 1531-1537.

Mariza, A., & Ayuningtias, L. (2019). Penerapan aku presur pada titik P6 terhadap emesis gravidarum pada ibu hamil trimester 1. Holistik Jurnal Kesehatan.

Septa, A. F., Sari HS, S. A., & Dewi, N. R. (2021). PENERAPAN AKUPRESUR PADA IBU HAMIL TRIMESTER I UNTUK MENGATASI MUAL DAN MUNTAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS METRO . Jurnal Cendikia Muda.

Tanjung, W. W., Wari, Y., & Antoni, A. (2020). PENGARUH AKUPRESUR PADA TITIK PERIKARDIUM 6 TERHADAP INTENSITAS MUAL MUNTAH PADAIBU HAMIL TRIMESTER I. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Zaen, N. L., & Ramadani, D. (2019). Pengaruh Pijat Akupresur terhadap Mual Muntah pada Ibu Hamil Trimester 1 di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaramai Medan Tahun 2019. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Komputer dan Sains 2019Aula AMIK Imelda, 3 Agustus 2019, AMIK IMELDA, Medan –Indonesiahttp://sintaks.kitamenulis.id/index.php/Sintaks.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Ida, A. S., & Ningsi, A. (2023). PENGARUH TERAPI ACUPRESSURE PC6 DALAM MENGATASI KEJADIAN MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI PUSKESMAS JONGAYA KOTA MAKASSAR. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 18(1), 1–5. https://doi.org/10.32382/medkes.v18i1.430