TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN MAKAN DENGAN DAYA TERIMA MAKANAN BIASA PASIEN RSU AZ – ZAHRA KALIREJO

The Level of Satisfaction with Food Service and the Acceptability of Regular Food at Az – Zahra Hospital

Penulis

  • Mesayu Ade Aprilia Sindi Program Studi S1 Gizi, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Aftulesi Nurhayati Program Studi S1 Gizi, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Desti Ambar Wati Program Studi S1 Gizi, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Masayu Dian Khairani Program Studi S1 Gizi, Universitas Aisyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.32382/mgp.v31i2.820

Kata Kunci:

Daya Terima, Kepuasan, Makanan, Pelayanan

Abstrak

Kepuasan pelayanan makan merupakan salah satu indikator keberhasilan rumah sakit. Daya terima merupakan kemampuan seseorang menerima makanan yang disajikan sesuai dengan kebutuhan dan sisa makanan yaitu ≤ 20%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan tingkat kepuasan pelayanan makan dengan daya terima makanan biasa. Rancangan penelitian ini adalah analitik cross sectional, dengan instrument yang digunakan camstock dan angket kepuasan pelayanan. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 73 responden yang di ambil dengan teknik Purposive Sampling. Kriteria Inkulsi meliputi : Pasien bersusia ≥ 15 tahun dan mendapatkan 9x makan biasa. Analisis bivariate dalam penelitian ini menggunakan uji Gamma. Hasil penelitian ini terdapat responden berjenis kelamin perempuan 64,4% dan laki – laki sebanyak 35,6%. Tingkat kepuasan paling banyak dalam kategori sangat puas 45,2% dengan daya terima makanan sebanyak 76,6%. Analisis statistika menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat kepuasan pelayanan makan dengan daya terima makanan makanan biasa (p = 0,003). Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara tingkat kepuasan dengan daya terima.

Referensi

Christiawa, C. A., Nadhiro, S. R., Fatmanigrum, W., Nugroho, N. T., & Rochmad, T. N. (2022). Hubungan Persepsi Pasien Terhadap Rasa Makanan Dan Variasi Menu Dengan Daya Terima Pasien Covid 19. National Nutrition Juournal, 17(3), 330 - 336.

Dipura, N., Mulyasari, I. and Purbowati (2017) ‘Hubungan Antara Kepuasan Pasien dengan Daya Terima Makanan pada Pasien di Rsud Dr. H. Soewondo Kendal’, Jurnal Gizi dan Kesehatan, 9(21), pp. 76–86.

Futikhah, S.N., Hidayati, N. and Fitria (2022) ‘Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien dengan Daya Terima Makanan Biasa pada Pasien Rawat Inap Non Covid Kelas I,II,III RSPAL Dr. Ramelan Surabaya’, Jurnal Infokes, 12(1), pp. 502–511.

Kusumaayu Anugerah, N. et al. (2022) Kaitan Variasi Menu, Penampilan, Rasa Makanan dengan Tingkat Kepuasan Karyawan Hotel, Nutrire Diaita.

Magdalena, K. et al. (2022) ‘Daya Terima Pasien Terhadap Menu Makanan Biasa Tanpa Diet Khusus di RS PMI Bogor’, Journal of Nutrition and Culinary, 2(1), pp. 1–8.

Marfuah, D., Wardana, A. S., & Anggraeni, H. T. (2022). Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Terhadap Sisa Makanan Di Afif Catering Surakarta. Media Publikasi Penelitian, 19(2), 119 – 126.

Novianti, Mulyasari, I. and Dipura Purbowati (2017) ‘Hubungan antara Kepuasan Pasien Dengan Daya Terima Makanan pada Pasien di Rsud Dr. H. Soewondo Kendal’, Jurnal Gizi dan Kesehatan, 9(21), pp. 76–86

Pratiwi, C., Solin, S. and Zega, M.K. (2022) ‘Penilaian Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan Instalasi Gizi RS. USU’, Pontianak Nutrition Journal, 5. Available at: http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/PNJ/index.

Ronitawati, P., Fujima, M., Sitoayu, L., Sa’pang, M., & Dewanti, L. P. (2021). Hubungan Tingkat Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Makanan Terhadap Biaya Sisa Makanan Dan Zat Gizi Yang Hilang Pada Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Koja Jakarta. Gizi Indonesia, 44(1), 77–86. Https://Doi.Org/10.36457/Gizindo.V44i1 .527

Samsudi, Indrayani, N. and AR, N.E.S. (2023) ‘Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Makanan di Rumah Sakit Umum’, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 2(2), pp. 57–66.

Simanjuntak, L. M., Aulia, D., & Siagian, A. (2020). Patients' Perceptions Of Food Service Quality At Royal Prima Hospital Medan. Britain International Of Exact Sciences (Bioex) Journal, 2(1), 197-209.

Tanuwijaya, L. K., Novitasari, T. D., Arfiani, E. P., Wani, Y. A., & Wulandari, D. E. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan Di Rumah Sakit. Jurnal Gizi, 8(1), 50 - 58.

Uyami, Hendriyani, H. and Wijaningsih, W. (2014) ‘The Difference of Food Acceptance, Food Waste and Food Intake of Standard and Selected Menu Among in Patient Sunan Kalijaga Hospital Demak’, pp. 1–6.

Wayansari, L., Anwar, I. Z., & Amri, Z. (2018). Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. Jakarta: Kemenkes.

Widyastuti, N., Nisa, C., & Panunggal, B.(2018). Manajemen Pelayanan Makanan. Yogyakarta: K- Media.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-10

Terbitan

Bagian

Artikel