KORELASI ASUPAN GIZI MAKRO DAN PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN ADIARSA TIMUR I

Correlation Between Macronutrient Intake And Parental Education With Student Learning Achievement At Sdn Adiarsa Timur I

Penulis

  • A'inun Mardiatus Sya'diyah Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Linda Riski Sefrina Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Milliyantri Elvandari Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32382/mgp.v32i2.1538

Kata Kunci:

Asupan Gizi Makro, Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstrak

Masalah gizi kurang maupun gizi lebih pada anak usia sekolah dasar masih menjadi perhatian penting karena berpotensi memengaruhi perkembangan kognitif serta pencapaian prestasi belajar. Ketidakseimbangan asupan gizi makro pada anak sekolah dasar dapat berdampak pada kemampuan belajar. Selain faktor gizi, tingkat pendidikan orang tua berperan dalam pola asuh dan pendampingan belajar anak yang turut mendukung prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara asupan gizi makro dan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Adiarsa Timur I. Metode penelitian menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional dan menggunakan data primer pada 29 siswa yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data asupan gizi makro diperoleh melalui food recall 1×24 jam dan dianalisis menggunakan Nutrisurvey 2007, sedangkan data prestasi belajar diambil dari nilai rapor semester ganjil tahun 2025. Tingkat pendidikan orang tua dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Spearman’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki asupan energi, protein, dan lemak dalam kategori cukup, sementara asupan karbohidrat masih tergolong kurang. Prestasi belajar siswa umumnya berada pada kategori sangat baik dan baik, dengan mayoritas orang tua berpendidikan SMA/SMK. Kesimpulan penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara asupan gizi makro dan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa (p > 0,05).

Referensi

Asmin, A., Arfah, A. I., Arifin, A. F., Safitri, A., & Laddo, N. (2021). Pengaruh Pola Makan Terhadap Status Gizi Anak Sekolah Dasar. FAKUMI MEDICAL JOURNAL: Jurnal Mahasiswa Kedokteran, 1(1), 54–59. https://doi.org/10.33096/fmj.v1i1.9

Azis, A. A., Pagarra, H., & Asriani. (2018). Hubungan Asupan Zat Gizi dan Status Gizi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Pesantren MTs di Kabupaten Buru. Jurnal IPA Terpadu, 1(2), 50–56. file:///C:/Users/alran/Downloads/9680-22600-1-PB.pdf

Bahri, S., & Nurhafid Ishari. (2022). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri Situbondo. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.2.97-106

Bintang Fachri Elnady, Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi, A. Q. M. (2025). Hubungan Riwayat Pemberian ASI Eksklusif, Asupan Zat Gizi Makro, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Terhadap Status Gizi Balita Usia 3 – 5 Tahun Di Kelurahan Kedaung. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 6(1), 205–212.

Cai, S., Mao, Y., Gu, Y., Huang, B., He, Z., Zeng, M., Wang, Z., Chen, Q., Tang, M., & Chen, J. (2024). Carotenoid and Phenolic Compositions and Antioxidant Activity of 23 Cultivars of Corn Grain and Corn Husk Extract. 1–16.

Fadillah, N. A., Marhal, R., Rahayu, A., & Rahman, F. (2018). Hubungan Asupan Energi, Asupan Protein, Dan Status Asi Eksklusif Dengan Prestasi Belajar Siswa Sdn Palem 2 Banjarbaru. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 5(1), 35–39.

Handayu, A. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Sarana & Prasarana, Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri Selat Baru Di Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah. Kindai, 19(1), 060–069. https://doi.org/10.35972/kindai.v19i1.975

Hasibuan, F. A. A., Suhartono, S., & Umayaroh, S. (2022). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), 813–818. https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p813-818

Manoppo, A. J., & Bolung, F. I. (2019). Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Orang Tua Pada Prestasi Akademik. Nutrix, 3(1).

Muhtarom, S. U. A.-Z. dan T. (2025). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di Kelas V Sekolah Dasar Shalsabilla. Jurnal Basicedu, 9(1), 171–178. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nomira, S. R., Masyarakat, S. K., Kesehatan, F. I., Abulyatama, U., & Besar, A. (2024). Relevansi gizi dan kesehatan relevance of nutrition and health. Public Health Journal, 1–16.

Novi Tri Astuti, S. F. S. (2021). Hubungan Pendapatan Orangtua, Kebiasaan Sarapan dan Asupan Zat Besi dengan Prestasi Belajar Pada Anak Usia 13-15 Tahun. GHIDZA: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 5(2), 162–170.

Nugroho, K. P. A., Sanubari, T. P. E., & Rosalina, S. (2019). Gambaran Tingkat Asupan Gizi Anak Sekolah Dasar Negeri 06 Salatiga. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 94–101. https://doi.org/10.34035/jk.v10i1.335

Nurjaya , Elvyrah Faisal, W. A. (2022). Pengenalan Komposisi Gizi Makanan Tradisional Suku Kaili Melalui Media Food Photograph Kepada Praktisi Kuliner dan Kader Posyandu. Poltekita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 13–18. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i1.384

Nurlaili Handayani, Muhammad Dawam Jamil, I. R. P. (2020). Faktor Gizi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. GHIDZA: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 4(1), 69–78.

Pangemanan, A. J., Amisi, M. D., & Malonda, N. S. H. (2021). Gambaran Asupan Zat Gizi Makro Mahasiswa Semester Vi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat Saat Pembatasan Sosial Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesmas, 10(2), 123–132.

Siswa, P., & Dasar, S. (2020). PAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR Lutfi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 36–42.

Sunansyah, E. P., Harjatmo, T. P., Ketut, G., Kamboja, W., Wiyono, S., & Mikro, G. (2024). The Relationship Of Energy Intake , Macronutrients And Substances Micro Nutrition And Nutritional Status Of Employees In Office Of National Unity And Politics Sout Tangerang Politeknik Kementrian Kesehatan Jakarta II dan dapat mempengaruhi status gizi ses. 4(1), 78–86.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-24

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed: 0
PDF downloaded: 0