EDUKASI GIZI MELALUI TIKTOK DAN PENYULUHAN TERHADAP CITRA TUBUH DAN ASUPAN ZAT GIZI MAKRO REMAJA GIZI LEBIH
Nutrition Education Through Tiktok and Counseling on Body Image and Macronutrient Intake Among Overnourished Adolescents
DOI:
https://doi.org/10.32382/mgp.v32i1.1482Kata Kunci:
CitraTubuh, Edukasi Gizi, TiktokAbstrak
Gizi lebih pada remaja berdampak pada kesehatan fisik dan psikologis, termasuk citra tubuh dan pola makan. Media sosial seperti tiktok saat ini banyak digunakan sebagai sarana edukasi gizi, selain metode penyuluhan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui tiktok dan penyuluhan terhadap citra tubuh dan asupan zat gizi makro pada remaja gizi lebih. Penelitian ini menggunakan desain before-after with control group dengan 50 siswa gizi lebih sebagai sampel, dibagi menjadi kelompok edukasi melalui tiktok dan kelompok edukasi melalui penyuluhan. Data citra tubuh dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan asupan zat gizi makro diukur dengan food recall 2x24 jam sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi melalui tiktok dan penyuluhan sama-sama meningkatkan citra tubuh positif secara signifikan. Pada kelompok edukasi gizi menggunakan tiktok terjadi peningkatan asupan energi, protein, lemak dan karbohidrat secara signifikan. Pada kelompok penyuluhan terjadi peningkatan asupan energi, protein dan karbohidrat secara signifikan tetapi tidak terdapat perbedaan signifikan sebelum dan setelah intervensi dalam asupan lemak. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh edukasi gizi melalui tiktok dan penyuluhan terhadap citra tubuh dan asupan zat gizi makro remaja gizi lebih. Pemanfaatan media sosial dapat menjadi alternatif yang lebih menarik dan efektif dalam edukasi gizi bagi remaja
Referensi
Angrippiani, Yovita, dan Haryanto. 2023. “Pengaruh Paparan Konten Edukasi Gizi Menggunakan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Makan Remaja SMA Negeri 1 Tangerang.”
Ariesta, dan Lestari. 2023. “Gambaran Perkembangan Remaja di Masa Pubertas.”
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.
Fikamawati, Sandra, Ahmad Syafiq, dan Arinda Veratamala. 2020. Gizi Anak dan Remaja. Edisi Kedu. Depok: PT RajaGrafindo.
Masri, Erina, dan Sisru Syahputri. 2022. “Perbandingan Efektivitas Media Sosial Tiktok dan Slide Terhadap Pengetahuan dan Asupan Gula Garam Lemak Pada Remaja Yang Diberikan Edukasi Gizi.”
Pujiarthi, dan Sophia. 2021. “Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang Melalui Animasi Tiktok Terhadap Pengetahuan Gizi dan Persepsi Body Image Pada Remaja Putri di SMPN 1 Baleendah.”
Putri, Nurul Azzahra, dan Siti Aminah. 2022. “Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Video Animasi Tiktok Terhadap Persepsi Body Image Remaja di SMK Al- Muhadjirin 2 Kesehatan Bekasi Timur.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4.
Riskesdas. 2018. “Laporan Riskesdas 2018 Nasional.”
Rosyidah, dan Apriani. 2023. “Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Gangguan Dimosfrik Tubuh Pada Remaja Perempuan.” Psikologi Kreatif dan Inovatif.
Trida, dan Joni Syah. 2022. “Pengaruh Edukasi Gizi Media Tiktok Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Remaja Putri.” Pontianak nutrition Journal.
Wahyuni, Suci. 2023. “Pengaruh Penyuluhan Gizi Dengan Metode Ceramah dan Media Video Terhadap Asupan Energi, Zat Gizi Makro, Pengetahuan dan Sikap Pada Remaja Gizi Lebih Di Kelas VII SMPN 17 Padang.”
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fatmawaty Suaib, Suriani Rauf, Hikmawati Mas'ud, Nurshafira Ramadhani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
PDF downloaded: 3