Hubungan Sarana Sanitasi Dengan Tingkat Kepuasan Pengunjung Di Terminal Penumpang Pelabuhan Penyeberangan Kariangau Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.32382/sulo.v25i1.1195Kata Kunci:
Sarana Sanitasi, Pelabuhan, Kepuasan, PengunjungAbstrak
Pelabuhan berfungsi sebagai infrastruktur publik yang vital yang dirancang untuk menambatkan kapal, memfasilitasi naik dan turunnya penumpang, serta pemindahan barang melalui terminal dan tempat berlabuh. Hal ini menjadi titik penting bagi masuk dan keluarnya berbagai penyakit menular, termasuk penyakit yang memerlukan protokol karantina. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi korelasi antara fasilitas sanitasi dan tingkat kepuasan yang dilaporkan oleh pengunjung di terminal penumpang Pelabuhan Kariangau Balikpapan. Total populasi terdiri dari 198 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah 132 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan observasional analitik dalam kerangka cross-sectional, dengan menggunakan purposive sampling untuk pengumpulan data dan menerapkan uji statistik untuk analisis data. Temuan dari penelitian ini menjelaskan korelasi yang signifikan antara ketersediaan air dan kepuasan pengunjung, yang dibuktikan dengan nilai p-value sebesar 0,002 (<0,05); keberadaan toilet dan kepuasan pengunjung, yang ditunjukkan dengan nilai p-value sebesar 0,003 (<0,05); keberadaan tempat sampah dan kepuasan pengunjung, yang ditunjukkan dengan nilai p-value sebesar 0,003 (<0,05). 05); penyediaan tempat sampah dan kepuasan pengunjung, dibuktikan dengan nilai p-value sebesar 0,041 (<0,05); sistem pembuangan air limbah dan kepuasan pengunjung, yang ditunjukkan dengan nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05); serta keberadaan vektor dan kepuasan pengunjung, dengan nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05). Hasil analisis menunjukkan tidak adanya hubungan antara fasilitas cuci tangan dan kepuasan pengunjung, yang ditunjukkan dengan nilai p-value sebesar 0,235, yang melebihi tingkat signifikansi 0,05. Dengan cara yang sama, analisis menunjukkan tidak adanya korelasi yang signifikan antara lokasi penjual makanan dan kepuasan pengunjung, yang dibuktikan dengan nilai p-value sebesar 0,080, yang melebihi ambang batas 0,05. Penilaian Definitif Korelasi dapat dilihat antara ketersediaan air bersih, toilet, tempat sampah, sistem pembuangan air limbah, dan prevalensi vektor dengan kepuasan wisatawan; namun, tidak ada korelasi yang teridentifikasi antara fasilitas cuci tangan dan lokasi penjual makanan dengan kepuasan pengunjung. Meningkatkan kualitas fasilitas sanitasi dan memperkenalkan fasilitas sanitasi tambahan untuk memastikan kenyamanan pengunjung di area pelabuhan.
Kata Kunci : Sarana Sanitasi, Pelabuhan, Kepuasan, Pengunjung
Referensi
Atmoko, Prasetyo Hadi. 2017. Peningkatan Higene Sanitasi sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan dan Kepuasan Pelanggan Di Rumah makan Dhamar Palembang .Jurnal Khasanah Ilmu. 8 (1) :1-9. (Online). https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/839/1265. Diakses 5 Mei 2023.
Desriyanti, H., Suyanto, & Amzal. (2013). Gambaran Fasilitas Sanitasi di Lingkungan Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru Tahun 2013. 1, 11 (Online). https://repository.unri.ac.id/jspui/bitstream/123456789/2855/1/Hasna%20Desriyantirepository.pdf Diakses 27 Desember 2023
Erlani, et al. (2023). Panduan Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi. Makassar : Politeknik Kesehatan Makassar.
Febriawan, W., Yuliandari, I., Putri, F. A., Rahayu, I. P., Studi, P., Masyarakat, K., & Airlangga, U. (2018). GAMBARAN KONDISI SANITASI TERMINAL BRAWIJAYA DI KEBALENAN, KECAMATAN BANYUWANGI, KABUPATEN BANYUWANGI. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate, 11(2), 75–86.(Online). http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIMKESMAS/article/view/5114 Diakses pada 1 Mei 2023
Ferry, M., Tohirin, & Susmiati. (2019). Sanitasi Tempat-Tempat Umum (Tohirin, H. A. Kadir, K. S. Rama, & C. M. Kadfi (eds.)). Jakarta : UHAMKA PRESS
Lestari, TRP (2020). Keamanan pangan sebagai salah satu upaya perlindungan hak masyarakat sebagai konsumen. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial , 11 (1), 57-72. (Online) https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1523 diakses 27 Desember 2022
Firdanis, D., Rahmasari, N., Azzahro, E. A., Palupi, N. R., Aji, P. S., Marpaung, D. N., & Mandagi, A. M. (2021). Sanitasi : Jurnal Kesehatan Lingkungan. Jurnal Poltekkes Jogja, 13(2). (Online). https://e-journal.poltekkesjogja.ac.id/index.php/Sanitasi Diakses 5 Mei 2023
Harahap, A. A. (2016). Hubungan Sanitasi Kapal Dengan Kepadatan Kecoa Pada Kapal Motor Yang Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(2), 172–183. (Online) https://e-journal.unair.ac.id/JKL/article/download/8011/4745/25667 Diakses 10 Juni 2023
Hijrawati, Tosepu, R., Zainuddin, A., Yasnani, Jumakil, & Nurmaladewi. (2021). Gambaran Sanitasi Lingkungan Dan Penerapan Protokol Kesehatan Masa New Normal Pada Tenaga Kerja Di PT Pelindo IV Cabang Kendari Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 02(03). (Online). https://jkmc.or.id/ojs/index.php/jkmc/article/view/74 Diakses 25 Desember 2023
Muryani, S., & Sujarno, M. I. (2018). Sanitasi Transportasi Pariwisata dan Matra (N. L. Saputri & A. N. Aisyah (eds.)). Jakarta : Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan. (Online) https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://id.scribd.com/document/521427938/Makalah-Sanitasi-Transportasi-pariwisata-dan-matra VargasBiliansyah&ved=2ahUKEwiWo3ui9X_AhX3R2wGHZRYBrYQFnoECBUQAQ&usg=AOvVaw3F4rs8Lcwau_qd0ZkwJ_W a Diakses 4 Mei 2023.
Subuh, R. D. O., & Soamole, F. (2020). FASILITAS SANITASI PADA OBJEK WISATA. VII(1), 1–9. (Online). https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/tekstual/article/view/3092. Diakses 17 Januari 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
PDF downloaded: 11