Pengaruh Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Keterampilan Menyikat Gigi Pada Siswa SDN 17 Kendari
DOI:
https://doi.org/10.32382/mkg.v23i2.633Kata Kunci:
Pengetahuan, keterampilan, menyikat gigiAbstrak
Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan secara fisik sebagai gerbang awal kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pengetahuan adalah hasil kegiatan ingin tahu manusia apa saja melalui beberapa metode dan alat-alat tertentu. Dampak tidak menyikat gigi akan menimbulkan plak serta karies gigi pada anak, dan sisa makanan masih dapat tertinggal disela-sela gigi yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan menjadi pemicu dari berbagai macam masalah gigi yang salah satunya adalah karies pada anak sehingga menimbulkan kerusakan gigi. Tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan keterampilan menyikat gigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, menggunakann desain Pre-test dan Post-test group design. Teknik pengambilan sampel purpositive sampling sebanyak 32 siswa. Hasil analisis Uji wilcoxon dalam penelitian ini didapatkan adanya pengaruh yang signifikan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut (p>0,001), uji analisis Paired Sample T-Test keterampilan menyikat gigi pada siswa (p>0,001). Kesimpulan terdapat perubahan signifikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan sebelum dan sesudah diadakan penyuluhan dengan metode video animasi pada siswa SDN 17 Kendari.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nia Afdilla, Nurul Farida Jelita
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Media Kesehatan Gigi dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International , yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.