Penggunaan Video Edukasi Menyikat Gigi terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32382/mkg.v23i1.615Kata Kunci:
Video edukasi, Penyuluhan, Pengetahuan, Keterampilan, Menyikat gigiAbstrak
Penyuluhan kesehatan gigi pada anak sekolah merupakan salah satu strategi efektif dalam mencegah terjadinya penyakit gigi dan mulut. Penyuluhan kesehatan gigi merupakan tindakan pencegahan primer yang dilakukan sebelum terjadinya suatu penyakit. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak sekolah dalam menyikat gigi yaitu dengan penggunaan media audio visual. Media ini tidak hanya efektif dalam menyampaikan informasi secara langsung, tetapi juga dapat dijadikan alat penyuluhan yang dapat disebarkan secara luas. Penggunaan teknologi ini dapat meningkatkan daya serap dan pemahaman audiens, terutama pada anak-anak yang cenderung lebih responsif terhadap media visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video edukasi menyikat gigi terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa SD Berbt. Muhammdiyah Berua Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling pada semua kelas 6 SD Berbt. Muhammadiyah II Berua sebanyak 36 siswa. Penggunaan video edukasi menyikat gigi secara signifikan meningkatkan pengetahuan siswa SD tentang pentingnya menjaga Kesehatan gigi dan mulut dan penggunaan video edukasi juga secara signifikan meningkatakan keterampilan praktis siswa dalam menyikat gigi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agus Supriatna, Nugraheni Widyastuti, Badai Septa Wahyudadi, Nur Aulia Rahmah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Media Kesehatan Gigi dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International , yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.