Busy Book Sebagai Media Peningkatan Motivasi dan Pengetahuan Kesehatan Gigi Mulut Bagi Anak Usia 6-7 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.32382/mkg.v23i1.602Kata Kunci:
Busy book; pengetahuan; kesehatan gigi dan mulutAbstrak
Anak usia 6-7 tahun adalah usia yang rentan terhadap penyakit gigi mulut. Hal ini karena pengetahuan dan kemampuan motorik anak masih terbatas sehingga belum mampu melakukan kegiatan pemeliharaan gigi dan mulut dengan maksimal. Kurangnya motivasi anak dalam menjaga kesehatan gigi turut memberi kontribusi terhadap tingginya angka kerusakan gigi pada anak usia tersebut. Busy book merupakan salah satu media yang dapat dibuat sendiri sehingga selain dapat meningkatkan pengetahuan anak tentang kesehatan gigi, juga dapat meningkatkan kreativitas anak. Tampilannya yang menarik membuat anak akan merasa senang mempelajarinya dan mudah dimengerti. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pemberian pengetahuan kesehatan gigi mulut melalui media Busy Book pada anak usia 6-7tahun. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan pendekatan quasy eksperimental, yang melibatkan 18 orang siswa kelas 1 di SD 69 Mattirowali, Kabupaten Wajo. Data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat pengaruh penggunaan media Busy Book terhadap peningkatan pengetahuan siswa. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan pengetahuan siswa setelah mendapatkan pengetahuan melalui kegiatan bermain Busy Book. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Busy Book efektif meningkatkan motivasi dan pengetahuan tentang kesehatan gigi mulut pada anak usia 6-7 tahun.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rini Sitanaya, Hans Lesmana, Surya Irayani Yunus, Nugi Andini
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Media Kesehatan Gigi dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International , yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.