Kualitas Pelayanan Gigi dan Mulut di Puskesmas Tamalate: Menggali Tingkat Kepuasan Pasien Untuk Perbaikan Berkelanjutan

Penulis

  • Pariati STIKES Amanah Makassar
  • Ayu Wijaya Stikes Amanah Makassar
  • Andi Muhammad Adam Stikes Amanah Makassar
  • Nanang Rahmadani Stikes Amanah Makassar
  • Zulkarnain Stikes Amanah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32382/mkg.v23i1.536

Kata Kunci:

Kepuasan, Pasien, Kualitas pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstrak

Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut merupakan perbandingan antara persepsi terhadap pelayanan yang diterima dengan harapan sebelum mendapatkan pelayanan. Kualitas pelayanan adalah kegiatan pelayanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan yang mempu memenuhi harapan, keinginan dan kebutuhan serta mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat luas. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Tamalate Kec. Tamalate Makassar berdasarkan 5 dimensi mutu pelayanan yaitu bentuk nyata, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berdasarkan skala Likert. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Tamalate. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan jumlah sampel 30 orang. Cara pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien terhadap dimensi bentuk nyata sebesar 44% pasien merasa puas. Pada dimensi kehandalan menunjukkan 57% puas. Pada dimensi daya tanggap menunjukkan 47% puas. Pada dimensi jaminan menunjukkan 50% sangat puas dan pada dimensi empati menunjukkan 47% puas.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-06

Cara Mengutip

Pariati, Wijaya, A., Adam, A. M., Rahmadani, N., & Zulkarnain. (2024). Kualitas Pelayanan Gigi dan Mulut di Puskesmas Tamalate: Menggali Tingkat Kepuasan Pasien Untuk Perbaikan Berkelanjutan. Media Kesehatan Gigi : Politeknik Kesehatan Makassar, 23(1), 24–29. https://doi.org/10.32382/mkg.v23i1.536

Terbitan

Bagian

Artikel