Edukasi Kesehatan Gigi Berbasis Individual terhadap Keterampilan Menyikat Gigi pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan

Penulis

  • Muhammad Fiqih Sabilillah Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Nia Daniati Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.32382/mkg.v24i1.1513

Kata Kunci:

Edukasi kesehatan gigi berbasis individual; keterampilan menyikat gigi; anak disabilitas intelektual ringan

Abstrak

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan umum yang perlu diperhatikan sejak usia dini, termasuk pada anak-anak dengan disabilitas intelektual ringan. Anak dengan kondisi ini memiliki keterbatasan dalam memahami informasi, merespon instruksi dan mengontrol motorik halus, yang menyebabkan kurangnya kemampuan dalam menjaga kebersihan diri, khususnya dalam menyikat gigi secara mandiri dan benar. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada kelompok ini adalah melalui edukasi kesehatan gigi yang disesuaikan secara individual sesuai dengan tingkat pemahaman dan kemampuan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan gigi berbasis individual terhadap keterampilan menyikat gigi pada anak dengan disabilitas intelektual ringan. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Responden dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana pada anak dengan disabilitas intelektual ringan yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa dengan jumlah 20 anak pada masing-masing kelompok. Penelitian melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok intervensi yang diberikan edukasi individual dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan serupa. Instrumen pengukuran menggunakan lembar ceklis keterampilan menyikat gigi sebelum dan sesudah intervensi selama 21 hari. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan menyikat gigi di kelompok intervensi dari nilai rerata sebelum (7,34 ± 1,440) menjadi sesudah intervensi (15,81 ± 1,421) dengan nilai signifikansi p < 0,001. Sementara itu, pada kelompok kontrol tidak ditemukan perbedaan bermakna (p = 0,505). Selisih peningkatan antara kedua kelompok juga signifikan secara statistik (p < 0,001). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa edukasi kesehatan gigi berbasis individual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada anak dengan disabilitas intelektual ringan.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-18

Cara Mengutip

Sabilillah, M. F., & Daniati, N. (2025). Edukasi Kesehatan Gigi Berbasis Individual terhadap Keterampilan Menyikat Gigi pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan . Media Kesehatan Gigi : Politeknik Kesehatan Makassar, 24(1), 88–99. https://doi.org/10.32382/mkg.v24i1.1513

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed: 141
Pdf downloaded: 108