Edukasi Kesehatan Gigi Berbasis Individual terhadap Keterampilan Menyikat Gigi pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan
DOI:
https://doi.org/10.32382/mkg.v24i1.1513Kata Kunci:
Edukasi kesehatan gigi berbasis individual; keterampilan menyikat gigi; anak disabilitas intelektual ringanAbstrak
Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan umum yang perlu diperhatikan sejak usia dini, termasuk pada anak-anak dengan disabilitas intelektual ringan. Anak dengan kondisi ini memiliki keterbatasan dalam memahami informasi, merespon instruksi dan mengontrol motorik halus, yang menyebabkan kurangnya kemampuan dalam menjaga kebersihan diri, khususnya dalam menyikat gigi secara mandiri dan benar. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada kelompok ini adalah melalui edukasi kesehatan gigi yang disesuaikan secara individual sesuai dengan tingkat pemahaman dan kemampuan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan gigi berbasis individual terhadap keterampilan menyikat gigi pada anak dengan disabilitas intelektual ringan. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Responden dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana pada anak dengan disabilitas intelektual ringan yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa dengan jumlah 20 anak pada masing-masing kelompok. Penelitian melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok intervensi yang diberikan edukasi individual dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan serupa. Instrumen pengukuran menggunakan lembar ceklis keterampilan menyikat gigi sebelum dan sesudah intervensi selama 21 hari. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan menyikat gigi di kelompok intervensi dari nilai rerata sebelum (7,34 ± 1,440) menjadi sesudah intervensi (15,81 ± 1,421) dengan nilai signifikansi p < 0,001. Sementara itu, pada kelompok kontrol tidak ditemukan perbedaan bermakna (p = 0,505). Selisih peningkatan antara kedua kelompok juga signifikan secara statistik (p < 0,001). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa edukasi kesehatan gigi berbasis individual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada anak dengan disabilitas intelektual ringan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Fiqih Sabilillah, Nia Daniati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Media Kesehatan Gigi dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International , yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Pdf downloaded: 108