Modifikasi Model Edukasi Meja Putar Sebagai Upaya Meningkatkan Tindakan Dalam Memelihara Kesehatan Gigi Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32382/mkg.v24i1.1469Kata Kunci:
Tindakan, kesehatan gigi, siswa sekolah dasar, meja putarAbstrak
Karies gigi merupakan penyakit multifaktoral yang mendemineralisasi jaringan keras gigi. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya karies yaitu perilaku kebersihan gigi. Proporsi karies gigi pada siswa di SD Yapita Surabaya sebesar 80% dan rata-rata debris index score 2,2 dengan kategori buruk. Upaya mengatasi masalah ini melalui modifikasi model edukasi Meja Putar memberikan edukasi melalui metode permainan sehingga proses belajar menyenangkan dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modifikasi model edukasi Meja Putar yang layak dan penerapannya efektif sebagai upaya meningkatkan tindakan dalam memelihara kesehatan gigi pada siswa di SD Yapita Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan desain penelitian true experiment (pretest- postest). Sampel berjumlah 60 responden meliputi kelompok Sebelum perlakuan dan kelompok Sesudah perlakuan. Data hasil uji model menggunakan paired t-test. Uji validasi ahli terhadap modifikasi model edukasi Meja Putar diperoleh interclass correllation coeficient dengan p-value 0,001. Modifikasi Model edukasi Meja Putar layak dan penerapannya efektif sebagai upaya meningkatkan Tindakan dalam memelihara kesehatan gigi pada siswa di SD Yapita Surabaya pada kelompok sesudah perlakuan dibandingkan kelompok sebelum perlakuan.
Kata Kunci: Tindakan, kesehatan gigi, siswa sekolah dasar, meja putar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yulyana Sendia Martina, Dwi Septiarini, Rohisotul Laily, Hayatunnufus

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Media Kesehatan Gigi dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International , yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Pdf downloaded: 7