Efektivitas Media ROPITA (Round Spin Table) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32382/mkg.v24i1.1467Kata Kunci:
Media, ROPITA (Round Spin Table), Siswa Sekolah Dasar, PengetahuanAbstrak
Masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak masih menjadi masalah yang cukup besar di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan persentase gigi berlubang sebesar 88,8% sementara hanya 2,8% anak yang menerapkan cara menyikat gigi dengan benar. Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 juga menunjukkan angka karies gigi sebesar 43,6% di Kota Semarang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan angka karies melalui pendekatan promotif dan preventif dengan memanfaatkan media sebagai sarana peningkatan pengetahuan kesehatan gigi yaitu media media ROPITA (Round Spin Table). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media ROPITA (Round Spin Table) terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design yang meliputi pre-test dan post-test with control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok subjek yang berbeda yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol yang dipilih secara acak (random). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa p-value adalah 0,000 (p <0,05) artinya terdapat efektivitas media ROPITA (Round Spin Table) terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar dan nilai Cohen’s D sebesar 0,86, yang menunjukkan efek besar dari kelompok intervensi.
Kata kunci : Media; ROPITA (Round Spin Table); siswa sekolah dasar; pengetahuan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dwi Septiarini, Yulyana Sendia Martina, Hayatunnufus, Rohisotul Laily

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Media Kesehatan Gigi dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International , yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Pdf downloaded: 4