Keterampilan Guru dalam Intervensi Perilaku Menggosok Gigi Anak Retardasi Mental melalui Pendekatan Behaviour Change Therapy

Penulis

  • rohisotul laily Poltekkes kemenkes surabaya
  • haya Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Sendia Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • iin Poltekkes Kemenkes Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32382/mkg.v24i1.1466

Kata Kunci:

Anak retardasi mental, Model behaviour change therapy, Mengosok gigi, Perilaku, guru

Abstrak

Masalah kesehatan gigi masih menjadi tantangan di masyarakat, termasuk pada anak dengan retardasi mental yang memiliki keterbatasan dalam aspek intelektual, sosial, perilaku, serta koordinasi motorik. Kondisi ini berdampak pada rendahnya kebersihan rongga mulut, di mana sekitar 75% anak tergolong dalam kategori buruk. Keadaan ini terjadi akibat terbatasnya kemampuan anak dalam melakukan aktivitas menyikat gigi secara mandiri dan minimnya program kesehatan gigi yang dirancang khusus untuk anak retardasi mental. Oleh karena itu, terapi perubahan perilaku dapat menjadi salah satu alternatif strategi untuk mengubah perilaku menyikat gigi dengan memenuhi kebutuhan khusus anak penyandang disabilitas intelektual melalui keterampilan menyikat gigi yang diajarkan oleh guru di sekolah. Tujuannya sebagai alternantif perubahan perilaku menggosok gigi anak. Metode yang digunakan adalah Quasi-Experimental Control Group Pretest and Posttest Design. Hasil Model behavior change therapy sebagai pendekatan alternatif untuk mengubah perilaku anak penyandang disabilitas khusus anak retardasi mental memiliki skor validasi ahli rata-rata 86,67 (sangat layak). Keterampilan guru efektif dalam meningkatkan perilaku menyikat gigi anak penyandang disabilitas intelektual melalui pendekatan model perlakuan perubahan perilaku, dengan nilai p sebesar 0,040 (p<0,05) yang berarti bahwa model perlakuan behavior change therapy menggosok gigi anak retardasi mental efektif dalam meningkatkan perilaku menyikat gigi anak retardasi mental melalui keterampilan guru.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-18

Cara Mengutip

rohisotul laily, hayatunnufus, yulyana sendia martina, & Dwi Septiarini. (2025). Keterampilan Guru dalam Intervensi Perilaku Menggosok Gigi Anak Retardasi Mental melalui Pendekatan Behaviour Change Therapy. Media Kesehatan Gigi : Politeknik Kesehatan Makassar, 24(1), 9–16. https://doi.org/10.32382/mkg.v24i1.1466

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed: 10
pdf downloaded: 8