Tingkat Kepuasan Mahasiswa DIV Terapi Gigi Terhadap Kualitas Mengajar Para Dosen di Jurusan Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar
Kata Kunci:
Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Mengajar Para DosenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa dan kualitas layanan akademik di Jurusan Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar yang mencakup lima dimensi, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sampel penelitian terdiri dari 58 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengevaluasi tingkat kepuasan dan kualitas pengajaran dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mahasiswa cukup puas dengan layanan akademik di Jurusan Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar, dan (2) kualitas layanan akademik di Jurusan Kesehatan tersebut sudah cukup baik. Tingkat kepuasan mahasiswa dibagi ke dalam lima dimensi, yang hasilnya menunjukkan bahwa pada dimensi tangible, mahasiswa cukup puas, sementara pada dimensi reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, mahasiswa merasa puas. Berdasarkan kualitas layanan akademik Jurusan Kesehatan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar, untuk kelima dimensi kualitas layanan, dimensi tangible tergolong cukup baik, dimensi reliability baik, dan dimensi responsiveness, assurance, serta empathy berada pada kategori cukup baik
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Asriawal, Syamsuddin AB, Baharuddin, Monika Sari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Media Kesehatan Gigi dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International , yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.