Tingkat Kepuasan Mahasiswa DIV Terapi Gigi Terhadap Kualitas Mengajar Para Dosen di Jurusan Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar

Penulis

  • Asriawal
  • Syamsuddin AB Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Baharuddin Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Monika Sari Poltekkes Kemenkes Makassar

Kata Kunci:

Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Mengajar Para Dosen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa dan kualitas layanan akademik di Jurusan Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar yang mencakup lima dimensi, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sampel penelitian terdiri dari 58 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengevaluasi tingkat kepuasan dan kualitas pengajaran dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mahasiswa cukup puas dengan layanan akademik di Jurusan Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar, dan (2) kualitas layanan akademik di Jurusan Kesehatan tersebut sudah cukup baik. Tingkat kepuasan mahasiswa dibagi ke dalam lima dimensi, yang hasilnya menunjukkan bahwa pada dimensi tangible, mahasiswa cukup puas, sementara pada dimensi reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, mahasiswa merasa puas. Berdasarkan kualitas layanan akademik Jurusan Kesehatan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar, untuk kelima dimensi kualitas layanan, dimensi tangible tergolong cukup baik, dimensi reliability baik, dan dimensi responsiveness, assurance, serta empathy berada pada kategori cukup baik

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

Asriawal, Syamsuddin AB, Baharuddin, & Monika Sari. (2024). Tingkat Kepuasan Mahasiswa DIV Terapi Gigi Terhadap Kualitas Mengajar Para Dosen di Jurusan Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar. Media Kesehatan Gigi : Politeknik Kesehatan Makassar, 23(2), 62–69. Diambil dari https://ojs3.poltekkes-mks.ac.id/index.php/medgigi/article/view/1243

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama