Penyuluhan Di SDIT Ibnul Qayyim Makassar

Penulis

  • Fatmawaty Suaib Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Sitti Sahariah Rowa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Hikmawati Masud Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32382/mirk.v5i1.552

Kata Kunci:

Anak Sekolah, Penyuluhan, Pengetahuan Gizi, Status Gizi

Abstrak

Tumbuh kembang anak usia sekolah yang optimal tergantung pada pemberian nutrisi dengan kualitas dan kuantitas yang benar. Dalam masa tumbuh kembang tersebut pemberian nutrisi atau asupan zat gizi pada anak tidak selalu dapat dilaksanakan dengan sempurna. Pengetahuan gizi anak sangat berpengaruh terhadap pemilihan makanan di sekolah maupun dirumah. Pengetahuan anak dapat diperoleh baik secara internal maupun eksternal. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SDIT Ibnul Qayyim Makassar serta melakukan pengukuran antropometri. Kegiatan ini diikuti 35 siswa yaitu 18 siswi dari kelas 1B dan 17 siswi dari kelas 1D, waktu pelaksanaan pada tanggal 27 Oktober 2023. Hasil pengetahuan siswa mengalami peningkatan yaitu 80% setelah pemberian materi serta menjawab pertanyaan selingan. Adapun hasil berdasarkan pengukuran antropometri hingga perhitungan kebutuhan gizi yaitu 28 siswi dengan kategori baik, 4 orang siswi dengan kategori lebih, dan 2 orang dengan status gizi obesitas, serta 1 orang siswi dengan kategori status gizi buruk. Keantusiasan peserta penyuluhan dapat dilihat dari memberi pertanyaan di sela – sela pemateri memaparkan materinya masing – masing. Sebaiknya para penyuluh bisa lebih cepat tanggap ketika para peserta diskusi dalam keadaan tidak kondusif.

Referensi

Judarwanto, W. 2006. Antisipasi Perilaku Makan Anak Sekolah. Institusi Pertanian Bogor. Bogor.

Sediaoetama, A. D. 2004. Ilmu Gizi untuk mahasiswa dan profesi (Edisi keli). Jakarta: Dian Rakyat.

Solihin, P. 2005. Ilmu Gizi Klinis Pada Anak. Jaya Baru. Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Putu, Ni Manis, M. D. (2018). Manfaat Penyuluhan Dengan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Mengenai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Di Puskesmas II Denpasar Selatan. Poltekkes Denpasar, 1–23.

Kadir, S. (2015). Pengaruh Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Gorontalo. Retrieved from https://repository.ung.ac.id/riset/show/ 1/1457/pengaruh-status-gizi-terhadap-prestasi-belajar-siswa-sekolah-dasar-negeri -di-kabupaten-gorontalo.html

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30