Pemberian Terapi Bermain Flash Card Pada Anak Dengan Speech Delay Di Upt Pusat Pelayanan Rehabilitasi Anak Inang Matutu Makassar

Penulis

  • Ruslan Hasani Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Rio Nata Anjasmara Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Simunati Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Junaidi Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Nasrullah Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32382/mirk.v6i1.1652

Kata Kunci:

anak prasekolah, flash card, speed delay, terapi bermain

Abstrak

Speech delay merupakan gangguan perkembangan yang sering terjadi pada anak usia prasekolah dan dapat memengaruhi kemampuan sosial dan akademik. Flash card adalah alat bantu visual yang digunakan dalam terapi wicara untuk merangsang kemampuan bahasa anak. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemberian bermain flash card dalam meningkatkan kemampuan bicara anak dengan speech delay. Oleh karena itu kami melakukan program bermain kepada anak yang mengalami speech delay di UPT Pusat Pelayanan Rehabilitasi Anak Inang Matutu Makassar. Terdapat 10 responden usia 3–5 tahun yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah dengan pre-test, terapi bermain, dan diakhir kegiatan dilakukan post-test. Pelaksanaan Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan selama 2 Minggu yaitu pada tanggal 19 s/d 30 Mei 2025. Kemampuan bicara diukur melalui pre-test dan post-test. Hasil pengabdian masyarakat didapatkan terjadinya peningkatan berbicara pada kategori gangguan bicara ekspresif, reseptif, dan campuran. Pada akhir terapi bermain, 100% anak menunjukkan respons sangat baik terhadap Terapi Bermain flash card. Disimpulkan bahwa Terapi Bermain flash card meningkatkan kemampuan bicara pada anak dengan speech delay.

Referensi

A isyah, N., Safitri, E.D. & Setiawan, A. (2022). Evaluasi Speech Therapy Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Speech Delay. Universitas Terbuka.

Artamia, Y. (2023). Studi Kasus Keterlambatan Bicara Anak Usia Dini Di Paud Anak Hebat Kartasura. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dzulkifli, H., Arafah, A. & Dzakiyah, R. (2022). Alat Permainan Edukatif Flash Card Alfabet Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Media Keperawatan, 13(2), pp. 88–96.

Eka Putri, R., Sari, M. & Pratama, H. (2024). Prevalensi Gangguan Perkembangan Bahasa Pada Anak di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan Anak, 7(1), pp. 11–17.

Febiola, Y. & Yulsyofriend, F. (2020). Penggunaan Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 4(2), pp. 456–462.

Ghaisani, D.A. & Salam, M.A. (2022). Flashcard Sebagai Media Interaktif Dalam Stimulasi Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 23–29.

Hasani, R., Awaluddin, S., Muhasidah, Kongkoli, E., Ismail, & Yulianto. (2024). Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. PT. Nas Media Indonesia.

Hasani, R., Kongkoli, E., Muhasidah, Ismail, & Yulianto. (2025). Buku Ajar Metodologi Penelitian.

Herpiyana, D., Kusumawati, R. & Nugraheni, W. (2022). Interaksi Sosial Anak yang Memiliki Speech Delay. Jurnal Golden Age, 6(1), pp. 28–39.

Hutrika, R., Zukhra, S. & Fitri, D. (2024). Dampak Speech Delay Terhadap Perkembangan Emosional Anak. Jurnal Psikologi Anak, 3(1), pp. 19–25.

Muthmainnah, L., Rahim, R. & Amiruddin, A. (2023). Gambaran Karakteristik Anak Dengan Keterlambatan Bicara di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(1), pp. 74–81.

Siburiana, E., Hasibuan, M. & Siregar, R. (2023). Kemampuan Reseptif Anak Terlambat Bicara Pasca Terapi: Tinjauan Psikolinguistik. Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), pp. 55–64.

Smith, J., Allen, B. & Yang, M. (2021). Effects of Visual Media on Language Development in Delayed Speech. Early Child Development and Care, 191(6), pp. 809–818.

Taqiyah, I. & Mumpuniarti, M. (2022). Intervensi Dini Bahasa dan Bicara Anak Speech Delay. Jurnal Pendidikan Khusus UNY, 9(2), pp. 72–78.

Yunita, N. (2024). Strategy for Implementing Flash Card Media in Improving Early Childhood Language Skills. Jurnal Pendidikan Bahasa Anak, 5(1), pp. 13–20.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-20

Cara Mengutip

Hasani, R., Anjasmara, R. N., Simunati, S., Junaidi, J., & Nasrullah, N. (2025). Pemberian Terapi Bermain Flash Card Pada Anak Dengan Speech Delay Di Upt Pusat Pelayanan Rehabilitasi Anak Inang Matutu Makassar. Media Implementasi Riset Kesehatan, 6(2), 163–169. https://doi.org/10.32382/mirk.v6i1.1652
Abstrak viewed: 60
PDF downloaded: 38