Pembuatan Kompos Sampah Rumah Tangga Dalam Upaya MengurangimTimbulan Sampah Untuk Mencegah Penyakit Diare Di Kelurahan Banta-Bantaeng Kota Makassar

Penulis

  • Juherah Juherah Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Nur Haidah
  • Sulasmi

DOI:

https://doi.org/10.32382/mirk.v4i2.101

Abstrak

Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Makassar, dimana masih banyak sampah yang berserakan di sekitar wilayah kota di sepanjang jalan, pasar, lahan kosong, sungai, selokan, dan sekitar pemukiman. Oleh karena itu, banyaknya sampah rumah tangga di Kota Makassar perlu dikelola agar tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap yang pada akhirnya menimbulkan penyakit dan kerusakan lingkungan. Sebagian besar sampah rumah tangga adalah sampah organik yang mudah terurai. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan sampah menjadi kompos. Kompos adalah bahan organik yang telah mengalami proses pelapukan akibat interaksi antara mikroorganisme atau bakteri pengurai yang bekerja di dalam bahan organik tersebut. Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat Penelitian Juherah berjudul Pemanfaatan Air Kelapa (Cocos Nucifera L) Sebagai Aktivator Pembuatan Kompos Sisa Sayur dan Limbah Limbah Teh Tahun 2019 dan penelitian Sulasmi tentang Penambahan Air Kelapa (Cocos Nucifera L) dan Air Lindi Sebagai Aktivator Pembuatan Kompos tahun 2021, menunjukkan bahwa Pembuatan kompos dari sampah organik rumah tangga dapat mengurangi timbulan sampah yang dapat mencemari lingkungan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan masyarakat membuat kompos guna mengurangi timbulan sampah rumah tangga dan mencegah penyakit akibat sampah. Jenis pengabdian ini memberikan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan pengomposan sebagai salah satu sarana/alat pembuatan kompos dalam mengurangi timbulan sampah rumah tangga. Rappocini Kota Makassar dengan target 25 ibu rumah tangga. Hasil yang dicapai dalam pengabdian masyarakat ini sebesar 35% masih sebatas administrasi (persiapan) dan penilaian.

Kata kunci: Sampah Rumah Tangga, Kompos

Referensi

Juherah dan Riska Wati, 2022. Perbandingan Penambahan Aktivator Bonggol Pisang (Musang Paradisiaca) Dan kulit Nanas (Anana Comosus L.Merr) Terhadap Pengomposan) : Poltekkes Kemenkes Makassar.

Juherah dan Riska Hamsah, 2019. Pemanfaatan Air Kelapa (Cocos Nucifera L) Sebagai Aktivator Pembuatan Kompos Sisa Sayuran Dan Limbah Ampas Teh. Makassar : Poltekkes Kemenkes Makassar.

Peraturan Walikota, 2018, Kebijakan dan strategi dalam pengelolaan sampah Rumah Tangga.

Rehas, Abdul Mukmin, Parlindungan Pasaribu. 2017. Tinjauan Terhadap Pengelolaan SampahDi Kota Samarinda”.Yuriska : Jurnal Ilmiah Hukum8(2): 59-65. https://journal.uwgm.ac.id

Sulasmi dan Nur Syamsih, 2021. Penambahan Air Kelapa (Cocos Nucifera L) Dan Air Lindi (Leachate) Sebagai Aktivator Pembuatan Kompos. Makassar : Poltekkes Kemenkes Makassar.

Mubarak & Chayatin (2009), Sikap Manusia Teori dan Pengukur. Edisi kedua.Yokyakarta : Pustaka Pelajar.

Yarmaliza (2017), Pengaruh Lingkungan Terhadap Kejadian Diare Pada Balita

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-17