PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI WILLIAM FLEXION EXERCISE TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA KONDISI DYSMENORRHAE DI KAMPUS JURUSAN FISIOTERAPI

Physiotherapy Management Of William Flexion Exercise For Pain Reduction In Dysmenorrhae Condition Campus Department Of Physiotherapy

Penulis

  • Zakiyatul Fitri
  • Suharto Suharto Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Andi Halimah Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Hasbiah Hasbiah Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Sitti Muthiah Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Siti Nurul Fajriah Poltekkes Kemenkes Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32382/fis.v15i1.57

Kata Kunci:

Dysmenorrhae, William Flexion Exercise, Visual Analog Scale

Abstrak

Latar Belakang : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penatalaksanaan William Flexion Exercise Terhadap Penurunan Nyeri pada Kondisi Dysmenorrhae di Kampus Jurusan Fisioterapi. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah studi kasus yaitu penelitian yang mendalam pada 1 jenis kasus dengan menggunakan 2 sampel. Dengan menggunakan Intervensi berupa William Flexion Exercise, sedangkan evaluasi yang digunakan untuk melihat kemajuan terapi adalah Visual Analog Scale (VAS).

Hasil Penelitian : Hasil penelitian berdasarkan pemeriksaan fisioterapi didapatkan diagnosa yaitu Nyeri Bawah Perut Pada Kondisi Dysmenorrhae, sedangkan problematik adanya nyeri. Setelah dilakukan terapi sebanyak 12 kali intervensi didapatkan perubahan nilai Visual Analog Scale (VAS) pada pasien A untuk nyeri diam dari 3,5 menjadi 2, nyeri gerak dari 7 menjadi 6 dan nyeri tekan dari 2 menjadi 1 sedangkan pada pasien B untuk nyeri diam dari 2 menjadi 1, nyeri gerak dari 6 menjadi 4 dan nyeri tekan dari 2,5 menjadi 1. 

Kesimpulan : Pemberian William Flexion Exercise dapat menurunkan nyeri pada kasus Nyeri Bawah Perut pada Kondisi Dysmenorrhae.

Keywords: Dysmenorrhae, William Flexion Exercise, Visual Analog Scale (VAS)

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-13