BEDA PENGARUH ANTARA PEMBERIAN CONTRACT RELAX DENGAN HOLD RELAX TERHADAP PENINGKATAN FLEKSIBILITAS OTOT HAMSTRING PADA ATLET SMAN 18 MAKASSAR

Different Effects Between Contract Relax and Hold Relax on Increasing Hamstring Muscle Flexibility In SMAN 18 Makassar Athletes

Penulis

  • La Ode Muhammad Syarwan
  • Darwis Durahim Poltekkes Kemenkes Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32382/fis.v13i2.37

Abstrak

Latar belakang : Fleksibilitas adalah kemampuan suatu jaringan atau otot untuk mengalami pemanjangan semaksimal mungkin sehingga tubuh dapat bergerak dengan lingkup gerak sendi yang penuh, tanpa disertai timbulnya rasa nyeri. Penurunan fleksibilitas hamstring dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pemendekan otot hamstring, cedera akut ataupun kronis pada otot hamstring, menurunnya sendi panggul, aktivitas yang berlebihan, serta pola latihan yang tidak benar.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan metode two group pre test and post test design, bertujuan untuk mengetahui beda pengaruh pada intervensi Contract Relax, dibandingkan dengan Hold Relax terhadap peningkatan fleksibilitas otot Hamstring. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 18 Makassar, dengan sampel adalah siswa yang sesuai dengan kriteria inklusi. Jumlah sampel adalah 20 orang yang dibagi secara acak kedalam 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan I yang diberikan Contract Relax sebanyak 10 orang dan kelompok perlakuan II yang diberikan Hold Relax sebanyak 10 orang.

Hasil : Berdasarkan analisis uji paired sample t-test pada kelompok perlakuan I diperoleh nilai p < 0,05 dengan hasil pre dan post test 0,00 untuk nilai Sit and Reach yang berarti bahwa pemberian Contract Relax dapat menghasilkan peningkatan fleksibilitas otot Hamstring yang signifikan. Sedangkan kelompok perlakuan II juga diperoleh nilai p < 0,05 dengan hasil pre dan post test 0,00 untuk nilai Sit and Reach yang berarti bahwa pemberian Hold Relax dapat menghasilkan peningkatan fleksibilitas otot Hamstring yang signifikan. Kemudian berdasarkan uji Indepentent sample t-test diperoleh nilai p < 0,05 untuk nilai Sit and Reach yang berarti bahwa pemberian Hold Relax lebih efektif secara signifikan dibandingkan dengan pemberian Contract Relax terhadap peningkatan fleksibilitas otot Hamstring.

Kesimpulan : Hold Relax lebih baik dibandingkan dengan Contract Relax terhadap peningkatan fleksibilitas otot Hamstring

Kata kunci: Contract Relax, Hold Relax, Fleksibilitas Hamstring

Diterbitkan

2023-06-07