PENGARUH MOTOR RELEARNING PROGRAMME TERHADAP KEMAMPUAN BERJALAN PASIEN HEMIPARESE POST STROKE DI RSUD SALEWANGANG MAROS

The Influence Of The Motor Relearning Program On The Ability To Walk In Hemiparese Post Stroke Patients At Salewangang Maros Hospital

Penulis

  • intan eddy paridingan

DOI:

https://doi.org/10.32382/fis.v13i2.36

Kata Kunci:

Kata Kunci : Motor Relearning Programme, Kemampuan berjalan, Stroke

Abstrak

Latar Belakang : Stroke merupakan suatu persoalan kesehatan dunia dengan insiden pertahun 0,2 – 2,5 per 1000 populasi. Hemiparese adalah salah satu gangguan kontrol motrik yang muncul pasca stroke. Gangguan motorik ini dikaitkan dengan berkurangnya kecepatan berjalan disertai perubahan dalam waktu berjalan dan jarak tempuh. Pasien hemiparesis cenderung mengambil langkah - langkah pendek yang tidak rata dan menghabiskan waktu yang lebih lama berdiri pada sisi tubuh yang tidak mengalami kelemahan.

Metode : Penelitian ini adalah jenis penelitian Pra Experimen dengan desain penelitian pre test- post test one group design, bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motor Relearning Programme terhadap kemampuan berjalan pasien hemiparese post stroke di RSUD Salewangang Maros, dengan sampel penelitian adalah 14 orang yang mendapatkan perlakuan Motor Relearning Programme dan menggunakan alat ukur Time Up and Go (TUG) Test.

Hasil : Berdasarkan hasil analisis uji wilcoxon, yaitu nilai p = 0,000 pada jarak tempuh 2 meter (p < 0,05), nilai p = 0,001 pada jarak tempuh 8 meter (p < 0,05) dan nilai p = 0,001 pada jarak tempuh 10 meter (p < 0,05), menunjukkan bahwa pemberian Motor Relearning Programme memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berjalan pasien hemipraese post stroke.

Kesimpulan : Pemberian intervensi Motor Relearning Programme memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berjalan pasien hemipraese post stroke. Pasien disarankan untuk menerapkan latihan ini sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan berjalannya.

Kata Kunci : Motor Relearning Programme, Kemampuan berjalan, Stroke

Diterbitkan

2023-06-07