PERBEDAAN PENGARUH BRAIN GYM (SENAM OTAK) DAN PERMAINAN ESTAFET LARI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK TK USIA 5-6th
The Difference in the Effects of Brain Gym and Relay Games on the Improvement of Gross Motor Skills in Kindergarten Children Aged 5–6 Years
DOI:
https://doi.org/10.32382/fis.v17i2.1801Kata Kunci:
Brain Gym, DDST, Gross Motor, Preschool Children, Relay GameAbstrak
Perkembangan motorik kasar memegang peran penting pada anak usia 5 sampai dengan 6 tahun. Penurunan kemampuan motorik kasar secara global mencapai 23,5%, dengan tingkat nasional sebesar 13–18%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh Brain Gym dan permainan estafet lari terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak TK usia 5–6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest dengan melibatkan 42 anak yang dibagi menjadi dua kelompok perlakuan (Brain Gym dan permainan estafet). Kemampuan motorik kasar diukur menggunakan Denver Developmental Screening Test (DDST II) sebelum dan sesudah perlakuan selama dua minggu. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa kedua intervensi efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar (p=0,001). Namun, hasil uji Mann Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara keduanya. Disimpulkan bahwa Brain Gym dan permainan estafet sama-sama efektif, dan tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5–6 tahun.
Kata kunci: Brain Gym, DDST, Motorik Kasar, Permainan Estafet, Usia Dini
Gross motor development plays an important role in children aged 5 to 6 years. The decline in motor skills globally reaches 23.5%, with a national rate of 13–18%. This study aims to determine the difference in the effect of Brain Gym and relay games on improving gross motor skills in TK children aged 5–6 years. This quasi-experimental study used a pretest-posttest design with 42 children, divided into two treatment groups (Brain Gym and relay game). Gross motor ability was assessed using the Denver Developmental Screening Test (DDST II) before and after the intervention, conducted over two weeks. Wilcoxon test results showed both interventions effectively improved gross motor skills (p=0.001). However, Mann-Whitney test results indicated no significant difference between the two interventions. It can be concluded that Brain Gym and relay games are both effective, and there is no significant difference in their effects on improving gross motor skills in children aged 5–6 years.
Keywords: Brain Gym, DDST, Gross Motor, Preschool Children, Relay Game
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
pdf downloaded: 16

